Kemampuan Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Peluang Ditinjau dari Self-Regulated Learning
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa dalam memecahkan masalah peluang ditinjau dari self-regulated learning. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas IX. Sampel penelitian kualitatif yang diambil sebanyak 3 siswa yang memiliki self-regulated learning yang berbeda, yaitu siswa dengan self-regulated learning tinggi, siswa dengan self-regulated learning sedang dan siswa dengan self-regulated learning rendah. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi peluang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self-regulated learning tinggi memenuhi 3 tahapan dengan 4 indikator berpikir logis. Siswa dengan self-regulated learning sedang memenuhi 3 tahap dengan 4 indikator meskipun pada tahap kemampuan argumentasi masih belum lengkap. Siswa dengan self-regulated learning rendah memenuhi tahapan berpikir runtut namun tidak memenuhi tahapan kemampuan berargumentasi dan menarik kesimpulan.
Downloads
References
Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021, July). Kajian etnofisika pada tari piring sebagai media pembelajaran fisika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1). Url: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5387
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017, March). Development of ethnoscience approach in the module theme substance additives to improve the cognitive learning outcome and student’s entrepreneurship. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 824, No. 1, p. 012024). IOP Publishing. Url: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/824/1/012024/pd
Sani, H. M., Baraya, T. J., Mu’awuya, M. S., &Abdulkarim, A.(2016). Comparison of Theoretical and Measured Acceleration Due to Gravity. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technolog (IJIRSET).5(3),3787- 3797.
Maryam, E., & Fahrudin, A. (2020). Pengembangan Sound Card Laptop sebagai Alat Praktikum Fisika untuk Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(1), 29-40.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Sabitafh, S. Y. (2024). PERMAINAN TRADISIONAL BOLA BEKEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GAYA GRATIVITASI BUMI. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 81-90. Doi: https://doi.org/10.3483/trigonometri.v1i2.1914
Hariastuti, Retno T & Laili, P. (2020). Pengembangan Media “ITTR” Sebagai Latihan Relaksasi untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA. 11(5): 755-764.
Rumiati, R., & Mahardika, I. K. (2021). Analisis konsep fisika energi mekanik pada permainan tradisional egrang sebagai bahan pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 131-146. Url: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/viewFile/3570/1810
Kardi, J., & Malan, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Konsep Kalor Di Sma Alhairat Wayaua Kecamatan Bacan Timur Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 62-67. Url: http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/119
Malan, I. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Gaya Di Kelas VII SMP Negeri 35 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 237-248. Doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.6466588