Systematic Literature Reviuw Kemampuan Berfikir Geometris Siswa dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Geometris Siswa

  • Siti Munawaroh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Abdul Aziz Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Vennisa Dian Mawarsari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
Keywords: Systematic literature reviuw, Video, Etnomatematika, Berfikir Geometris

Abstract

Video etnomatematika merupakan penggabungan media audio visual yang dikonsepkan dengan etnomatematika tau kebudayaan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian berkaitan dengan video etnomatematika, bangun ruang sisi datar, dan berfikir geometris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dalam 10 tahun terakhir yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan hasil penelitian materi pembelajaran yang sering digunakan dalam pengembangan media video etnomatematika yaitu bangun ruang, sedangkan etnomatematika yang sering digunakan dalam pengkombinasian materi bangun ruang yaitu makanan tradisional dan rumah adat, dan media yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir geometris yaitu media video.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R. (2023). Aanalisis Level Berfikir Geometri Siswa Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Soal Luas Segitiga Menggunakan Konsep Trigonometeri [Tesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang]. http://repositori.umrah.ac.id/id/eprint/5693

Barata, A., Ligia Mampouw, H., Mulyani, S., Kristen Satya Wacana, U., & Corresponding Author, S. (2023). Peningkatan Epistemic Curiosity dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 7 berbantuan Video Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 96–113. http://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/circle

Dwianjani, N. K. V, Astawa, I. W. P., & Sukajaya, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi BRSD Berorientasi Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69.

Eka Rahmadhani, S., & Nurul Hasana, S. (2022). Pengembangan E-MODUL Matematika Interaktif Berbasis Etnomatematika Lampung pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Sisi VIII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(14), 1–12.

Farhah, L. (2022). Pengembangan Video Matematika Berbasis Etnomatematika Di Kabupaten Malang Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas IX [Tesis, Universitas Islam Malang]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6668

Fauzi, A., Buchori, A., Wulandari, D., & PGRI Semarang, U. (2021). Pengembangan Media Berbasis Android dengan Fitur Augemented Reality Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 484–495.

Fawaid, Faulina, R., & Ivayana Sari, D. (2025). Pengembangan E-MODUL Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal Numeracy, 12(1), 51–66. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy

Febria, F., & Rismawati. (2024). Pengembangan Video Pemebelajaran Matematika SMA/MA Berbasis Etnomatematika. Mathematic Education Journal)MathEdu, 7(1), 102–110. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Fitriza, R., Desmaniati, E., & Kudus, H. F. (2022). Kemampuan Berfikir Geometri Peserta Didik Kelas IX Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Etnomatematika. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11422

Gustina, V. D., Prabawati, M. N., Rustina, R., & Matematika, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bertema Etnomatematika Di Tasikmalaya Berbantuan Smart Apps Creator 3 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Kongruen, 3(3), 298–305.

Khoriyani, R. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa dengan Pembelajaran Melalui Media Visual. Education Journal: General and Specific Research, 2(3), 479–487. https://www.researchgate.net/publication/365560569

Kurniasari, I., Rakhmawati M, R., & Fakhri, J. (2018). Pengembangan E-MODULE Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 227–235. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Lubis, S., Andayani, S., & Habibullah, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi pada Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 822. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3017

Lupita, L., Anwar, C., & Andriani, S. (2021). Video Edukatif Youtube Berbantuan Powtoon Aplication Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa SMP/MTs. MAJU, 8(1), 393–402. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14518

Maryanti, I., & Suwardi, T. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.31540/jmse.v7i1.3328

Misri, A., & Zhumni, A. I. (2013). Pengaruh Tingkat Berfikir Geometri (Teori Van Hiele) Terhadap Kemampuan Berfikir Siswa Dalam Mengerjakan Soal Pada Materi Garis Dan Sudut. EduMa, 2(2), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v2i2.44

Monika, M. S., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Etnomatematika Pada Bangunan Gentala Arasy Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 258–269. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5501

Muhassanah, aini, & Mulyatna, F. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Geometris Menurut Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 233. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Nabila, H., Nursyahidah, F., Prasetyowati, D., Matematika, P., & Pgri Semarang, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 280–287. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/9741

Nurhasanah, Hayati, L., Humaira, S. N., & Amrullah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260–266. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5642

Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493

Ridho, M. A., Fajriah, N., & Juhairiah, J. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Kontaks Budaya Banjar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 287–299. https://doi.org/10.20527/edumat.v12i2.19078

Safira, A. K., & Musdi, E. (2019). Teori Van Hiele dan Hasil Belajar dalam Bidang Geometri. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika Hal, 8(2), 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v8i2.6217

sari, ferninda sari. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTS Ma’arif 02 Kotagajah [Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro]. In repository metrouniv (Issue Tesis). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6199

Sari, I. D. A., Herman, T., Sopandi, W., & Jupri, A. (2023). A Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Audiobook pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 661–667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5238

Shalsabila, A., & Loviana, S. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Relasi dan Fungsi. Lembaga Penelitian, Universitas Swadaya Gunung Jati, 11(1), 69–80. https://doi.org/10.33603/942jtj57

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Susilowati, D. L. (2022). Analisi Karakter Tingkat Berfikir Geometris Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Heile. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 185–198. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/farabi.v5i2.460

Valda, R. E., Sakinah, N. L., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Lingkaran Kelas VI Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1504. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9195

Yandani, E. P. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Ruang Siswa Kelas I SD No. 2 Gulingan Bandung Tahun Ajarn 2021/2022 [Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja]. In Repository universitas Pendidikan Ganesha (Issue tesis). http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10990

Zainal, Z. (2018). Meningkatkan Peringkat Berfikir Geometri Siswa SMP di Parepare Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Saintifik, 4(1), 54–62.

Published
2025-06-14
How to Cite
Munawaroh, S., Aziz, A., & Mawarsari, V. (2025). Systematic Literature Reviuw Kemampuan Berfikir Geometris Siswa dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Geometris Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 234-244. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.872