Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Cerita Petualangan untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika karena membantu siswa menghubungkan konsep abstrak dengan bentuk konkret, simbolik, atau visual. Namun, berbagai studi menunjukkan bahwa kemampuan ini masih tergolong rendah di kalangan siswa sekolah menengah. Rendahnya kemampuan representasi matematis dapat berdampak pada pemahaman konsep dan penyelesaian masalah matematika secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang mampu memfasilitasi pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis cerita petualangan yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek uji coba adalah 21 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sekampung. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respons siswa, dan tes kemampuan representasi matematis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik matematika yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan sebesar 82,59% (kategori sangat valid), kepraktisan sebesar 91,24% (kategori sangat praktis), dan keefektifan berdasarkan ketuntasan belajar sebesar 83% (kategori sangat baik). Temuan ini menunjukkan bahwa media komik berbasis cerita petualangan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media komik dalam proses pembelajaran matematika untuk mendukung peningkatan kemampuan representasi matematis siswa secara menyenangkan dan bermakna.
Downloads
References
Ade Andre Payadnya, I. P., Dharma Atmaja, I. M., Rahayu Puspadewi, K., Yuliani Trisna Dewi, N. P., & Trisna Jayantika, I. G. A. N. (2023). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Book Komik Matematika Berbasis Edutainment. 11(2). https://doi.org/10.5281/ZENODO.7543532
Eko Putro Widoyoko. (2019). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Farkhan, N. N., & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Pada Materi Matriks.
Fauziah, A., & Musa, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Menggunakan Teknik Visual Thinking Berbasis Komik. Sesiomadika.
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Hayati, F. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Indahsari, K. S. N., & Kintoko. (2021a). Pengembangan Komik Matematika Bahasa Jawa Sebagai Alternatif Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di SD Rejodadi. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(1), 25–35.
Lestari, P. D., Utami, S. F., Aulia, I., Lestari, A. D., & Wulandari, M. Improving Students' Mathematical Representation Ability through The Use of Komik Digital Skala (KOALA). In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 3).
lestari Utami, A. J., Zulkarnaen, R., & Imami, A. I. (2021). Pengembangan komik matematika pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. JIPMat, 6(1), 124-136.
Mudzakir, H. S. (2006). Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. UPI.
Nuriza Siregar dkk., ―Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika,‖ Journal of Mathematics Education and Science 2, no. 1 (25 April 2019): 13, https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47.
Nur Sa’adah & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikasi. Literasi Nusantara.
Rohati, Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 81–91. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5486
Smith, A. (2006). Teaching with Comics. University of Lethbridge.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (3 ed.). Alfabeta.
Suwito, R. W., Sa’dijah, C., & Qohar, Abd. (2023). Implementasi Media Komik Matematika Digital Dalam Pembelajaran Pola Barisan Bilangan [Using Digital Mathematics Comics To Teach Number Sequence Patterns]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 227. https://doi.org/10.19166/johme.v7i2.7621
Wulandari, T., & Hasibuan, L. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komik dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Barisan Aritmatika di Sekolah SMA Negeri 2 Bilah Hulu. PRISMA, 12(1), 20. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2961
Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.661
Zukhrufurrohmah, & Putri, O. R. U. (2022). Representasi Matematis Dalam Mengkomunikasikan Ide Penyelesaian Soal Terbuka. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 171. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6739