Implementasi E-modul Berbasis Project, Activity, Cooperative, Excerise (PACE) Nuansa Kota Lama Semarang Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

  • Fasya Nuri Nabila Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Venissa Dian Mawarsari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Eko Andy Purnomo Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Semarang
Keywords: E-modul PACE, Bangun Ruang Sisi Datar, Project, Activity, Cooperative, Exceris

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kepraktisan e-modul berbasis model pembelajaran PACE yang memuat nuansa budaya lokal Kota Lama Semarang pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. E-modul dikembangkan menggunakan perangkat lunak Canva dan diakses melalui web Heyzine. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari satu guru dan 23 siswa dari salah satu SMP di Kota Semarang. penggumpulan data menggunakan angket dan wawancara, kemudian dianalisis melalui skala likert dan dikonversi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul tergolong dalam kategori “praktis” dengan rata-rata skor kepraktisan dari guru sebesar 88,5% dan dari siswa sebesar 86,7%. E-modul dinilai mampu meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar serta menstimulasi kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan yang berbasis proyek dan aktivitas yang kontekstual. Penggabungan unsur budaya lokal juga mendorong minat dan antusias siswa dalam pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan e-modul berbasis PACE nuansa Kota Lama Semarang sebagai alternatif bahan ajar inovatif yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di tingkat SMP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, N., & Puspasari, R. (2024). Sistem Informasi Kuesioner Materi Pembelajaran SMP Swasta Generasi Bangsa Martubung Menggunakan Skala Likert. Jurnal JUREKSI (Jurnal Rekayasa Sistem), 2(2), 604–616.

Ayni, M. N., Sari, A., & Fitraini, D. (2023). E-Modul Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 83. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19021

Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 49. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i2.23763

Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, 21, 403–409.

Fatasya, T. S., Rahmatullah, Y., Husna, I., & Ratnawati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Sekolah Dasar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 995–1009. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.3834

Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. Prisma, 10(1), 106. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Fitriani, I., & Hidayat, S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan e-Modul Ajar Berbasis PjBL Terintegrasi Etnoekologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 721–732. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.582

Fitriani, K. I. N., Dwinata, A., & Putri, N. H. S. (2023). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2), 246–252. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2

Hasanah, A. Z., Mutaqin, A., & Rahayu, I. (2023). Pengembangan E-Modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 11. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8201

Huang, C. Y., Tsai, L. Y., Chung, C. H., Shih, F. F., & Wang, Y. M. (2023). The effect of design thinking approach in interprofessional education programme of human sexuality course: A quasi-experimental design. Nursing Open, 10(2), 967–976. https://doi.org/10.1002/nop2.1363

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Irma Sofiasyari, Isna Amanaturrakhmah, & Aan Yuliyanto. (2023). Kepraktisan Pengembangan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1789–1798. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7542

Mawarsari, V. D., Sukestiyarno, Y. L., Mariani, S., & Junaedi, I. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Implementasi Problem Based Learning Berbantuan E-modul Untuk Optimalisasi Berpikir Geometris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 864–870. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Mustika, J. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif. 11(4), 3573–3585. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5929

Purnomo, E. A., & Suparman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Pembelajaran Matematika SD. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 187. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.960

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 178–195. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262

Saffanah, S. O., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Didactical Mathematics, 4(1), 200–209. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2068

Startyaningsih, T., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3), 632–647. https://journalpedia.com/1/index.php/jkp

Suhara, Y. I., Siska, N. D., Fadilah, A. F., & Supriyadi, M. A. (2022). Analisis Perbandingan Modul Elektronik dengan Modul Cetak pada Pembelajaran IPS untuk Melihat Indikator Karakter Peduli Lingkungan. Journal of Basic Education Research, 3(3), 69–75. https://doi.org/10.37251/jber.v3i3.269

Sumakul, H. I., Tendean, S. V., & Lonto, A. L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.61476/xy1xwh12

Trilestari, K., & Almunawaroh, N. F. (2021). E-Module as a Solution for Young Learners to Study at Home. 513, 364–369. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.132

Published
2025-06-09
How to Cite
Nabila, F., Mawarsari, V., & Purnomo, E. (2025). Implementasi E-modul Berbasis Project, Activity, Cooperative, Excerise (PACE) Nuansa Kota Lama Semarang Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 209-219. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.856