Peningkatan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Optimaliasi Metakognitif Siswa
A Systematic Literature Review
Abstract
Pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat penting dalam menghadapi tantangan abad ke-21 yang menuntut kemampuan analisis, evaluasi, dan kreasi. Salah satu faktor yang diyakini berkontribusi terhadap kemampuan ini adalah metakognitif, yaitu kemampuan individu untuk menyadari, mengelola, dan mengevaluasi proses berpikir dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis hubungan antara kemampuan metakognitif dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta bagaimana strategi metakognitif diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan protokol PRISMA. Proses artikel dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: perencanaan, peninjauan, dan pendokumentasian dengan sumber artikel berasal dari database Google Schoolar, ERIC, ResearchGate, dan Garuda. Total 20 artikel terpilih berdasarkan kriteria inklusi (periode 2020-2024, jurnal terakreditasi, relevansi topik, dan metode penelitian yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga komponen utama metakognitif (kesadaran, keterampilan, dan pengetahuan) berkorelasi positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Meskipun demikian implementasi strategi pembelajaran berbasis metakognitif masih menemui berbagai kendala terutama dalam hal pemahaman guru dan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan integrasi strategi metakognitif ke dalam kurikulum dan peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan – pelatihan atau workshop sebagai Solusi untuk pengoptimalan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Selain itu, pengembangan model pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi juga disarankan untuk mendukung proses ini secara efektif.
Downloads
References
Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 377. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7440
Aldiono, M., M, L. K., & Rosidi, I. (2022). Analisis Hubungan Kemampuan Metakognisi Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 242–248.
Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, R., Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6208
Carel, G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Kemampuan Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran metakognitif ditinjau dari persepsi siswa. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2). https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.37926
Dhina Cahya Rohim. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446.
Endang Indarini. (2024). Dampak Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Abad 21 (4 C) di Sekolah Dasar. Satya Widya, 40(1), 73–87. https://doi.org/10.24246/ j.sw.2024.v40.i1.p73-87
Faiziyah, N., & Priyambodho, B. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2823. https://doi.org/10.24127/ ajpm.v11i4.5918
Falah, M., & Pratiwi, Y. (2022). Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 317–324.
Farid, A. M. M., Jumadi, O., & Bahri, A. (2019). Terobosan Berfikir Abad 21 : Kontribusi Keterampilan Metakognitif Terhadap Retensi Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri Kota Makassar Pada Pembelajaran Biologi. 53(9), 1689–1699.
Fitriati, P. D., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas XI di MAN 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2104–2110. https://doi.org/ 10.29303/jipp.v8i4.1737
Hamzah, H., Hamzah, M. I., & Zulkifli, H. (2023). Self-regulated Learning Theory in Metacognitive-Based Teaching and Learning of High-Order Thinking Skills (HOTS). TEM Journal, 12(4), 2530–2540. https://doi.org/10.18421/TEM124-65
Hatchi, I., Siregar, D. A., Sari, L. P., & Fajri, S. (2019). Pendekatan Metakognitif Dalam Proses Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills Siswa Kelas XI MAN 2 Padangsdimpun. In Seminar Nasional Multi…,415–428.http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/846%0Ahttp://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/download/846/752
Jannah, R. (2021). Penerapan soal HOTS(Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran IPA. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38.
Jusniar, Yunus, M., & Hardin. (2021). Analisis kesadaran dan pengetahuan metakognitif Mahasiswa pendidikan kimia pada konsep kesetimbangan kimia. Seminar Nasional LP2M UNM, 1(3), 659–666. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/ 25311%0 Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/viewFile/25311/12686
Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self-Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905–923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
Kholid, M. N., & Kurniawan, A. A. (2022). Defragmenting Struktur Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah HOTS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 80. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4655
Kurnia, T., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pendekatan Metakognitif: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 616–622. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1398
Kusuma, A. S., & Baskara, Z. W. (2022). Hubungan Metakognitif dengan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Pembelajaran Menggunakan Model Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org /10.29303/jipp.v7i4b.882
Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 397–402. https: //doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266
Marfu’ah, I., & Julaeha, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS (Higher Order Thinking Skill). SINASIS: Seminar Nasional Sains, 2(1), 26–30.
Markhamah, N. (2021). Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia Pengembangan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Kurikulum 2013. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 385–418. https://journal.rumahindonesia.org/index.php /njpi/index%7C385
Minangkabau, L., S, P., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 846–858. https://doi.org /10.51574/kognitif.v4i2.1961
Mulyawati, N. Y. (2024). Pengembangan Buku Ajar Botani Tumbuhan Rendah Bermodel 4D (Define, Design, Defelop, Disseminate) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Mahasiswa IAIN Ambon. Jurnal Biology Science & Education, 13(1), 88–103.
Mutmainah, N., & Purnomo, E. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Thinking Order Skill (HOTS) Materi SPLTV. Prosiding Seminar Edusaintech, 4, 146–152. https://prosiding. unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/554
Najoan, R., & Makawawa, J. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 889–900. https://jurnaldidaktika.org
Ningsi, A., & Shaleh, S. (2024). Problematika Penerapan Asesmen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(3), 447. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.20998
Nisa, N. C. (2023). Pembelajaran Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1552–1559. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.448
Nurhayati, N., & Kusaeri, A. (2024). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Etnomatematika Uma Lengge. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 430–441. https://doi.org/10.51574/ kognitif.v4i1.1545
Nurmawati, N., Kadarwati, S., Purnomo, E. A., & Setiawan, A. (2022). The Development of Project-Based Learning Method to Increase Students’ HOTS in Mathematics. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5051–5060. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14 i4.2338
Pigott, T. D., & Polanin, J. R. (2020). Methodological Guidance Paper: High-Quality Meta-Analysis in a Systematic Review. Review of Educational Research, 90(1), 24–46. https://doi.org/10.3102/0034654319877153
Purnomo, E. A., Sukestiyarno, Y. L., Junaedi, I., & Agoestanto, A. (2022). Analysis of Problem Solving Process on HOTS Test for Integral Calculus. Mathematics Teaching-Research Journal, 14(1), 199–214.
Ramadhanti, F. T., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 667. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4715
Ratnawati, E., & Rodiyana, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design Terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 2016, 193–200.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Shintawati, A., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2023). Pengaruh kesadaran metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD UNS Surakarta. Didaktika Dwija Indria, 11(3), 1–6. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i3.76819
Sri Suryaningtyas, W. S. (2020). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA kelas XI program IPA dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 74–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.16049
Suciati, I., Pasandaran, R. F., & Hajerina. (2021). Hubungan Kemampuan Matematis Peserta Didik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: A Systematic Literature Review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 56–70. https://www.e-journal.my.id/pedagogy/article/view/1596
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/emasains /article/view/618
Wulandari, R., Mahardika, I. K., Aryanti, D., Sejati, S. S., & Bramastha, W. A. (2024). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Etnografi Kokurikuler Siswa Di SMPN 4 Jember ,. Jurnal Satya Widya, 40(1), 19–31.
Wulandari, S., Hayati, R., & Hendriani, M. (2024). Studi Literatur - Scaffolding Dengan Metode Defragmenting Struktur Berpikir Masalah Hots. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 15–25. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1196
Yulianto, D., Juniawan, E. A., & Kusdini, R. (2023). Pengaruh Metode Accelerted Learning for the 21St Century Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 8(2), 112–127. https://doi.org/ 10.24269/silogisme.v8i2.7882