Implementasi Media Geoboard Di SD: Bagaimana Dampaknya Terhadap Pemahaman Matematis Dan Minat Belajar Siswa

  • Engelina Livia Sesa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang-Indonesia
  • Totok Victor Didik Saputro Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana, Bengkayang-Indonesia
Keywords: Media, Geoboard, Pemahaman Matematis, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar masih tergolong rendah, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat siswa. Salah satu kendala utama adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Geoboard merupakan alat bantu yang dapat membantu siswa memahami konsep geometri secara lebih konkret, sekaligus meningkatkan ketertarikan mereka terhadap matematika. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan geoboard terhadap pemahaman matematis dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan geoboard dapat meningkatkan pemahaman matematis serta minat siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin, yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 41 siswa kelas VA SDS AMKUR Bengkayang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman matematis dan minat siswa setelah diterapkannya geoboard. Sebelum tindakan dilakukan (pra siklus), persentase ketuntasan pemahaman siswa hanya 24,3%. Setelah intervensi, terjadi peningkatan menjadi 58,59% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 82,90% pada siklus II. Minat belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum penerapan geoboard, 98% siswa tidak setuju dan 2% sangat tidak setuju terhadap pembelajaran matematika. Pada siklus I, 93% siswa menyatakan setuju, sedangkan 7% masih tidak setuju. Pada siklus II, 27% siswa sangat setuju dan 73% siswa setuju, menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat belajar mereka. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi geoboard dapat meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap pembelajaran matematika secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, K. S. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Alfina, S. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS Pada Materi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2).

Ardiansyah, R. M. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam, 1.

Dalimunthe, R. R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(3).

Fida Nur Azizah, Novy Trisnani, M.Pd, Ratri Shinta Wardhani, M. P. (2024). Page 1 149peningkatan Pemahaman Konseppembelajaran Matematika Materi Bangun Datarmelalui Media Geoboard. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ke-SD-an, 10(2).

Fidayanti, M. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 3.

Heryanto. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 6(1).

Hunaepi, S. P. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru di MTS. NW Mertaknao. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2).

Istikomah. (2020). age 1 Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Vol. 2 No. 2 (2020) pemanfaatan Geoboard Dan Karet Gelang Untukmeningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(2).

Khairunnisa, A. (2022). Systematic Litelature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6.

Lastrijanah, T Prasetyo, A. M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajarsiswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Mardianto, D. (2023). Penggunaan Media Kalender dan Jam Analog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Waktu Pada Siswa Kelas III SD Negeri 09 2x11 Enam Lingkung. Jurnal Minartis, 2.

Mudhakir, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Barisan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3).

Muslihin, H. Y. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. Jurnal PAUD Agapedia, 6.

Mustadi, A., & dkk. (2021). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar.

Ningrum Ayu, S. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas III SD. Journal Educational Research and Social Studies, 2(4).

Pattimura, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02).

Rizki Nurhana Friantini, R. W. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia is licensed under, 4(1).

Sadewo, Y. D. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, dan Persepektif Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika. jurnal.balitbangda.lampungprov.go.id/, 10.

Santoso, E. (2021). Teori Behaviour (E. Throndike) dalam Pembelajaran Matematika. 4.

Surya. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.

Tianingrum, R. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.

Tiara Rahmananda, Rahman Haryadi, Y. D. (2024). Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Inovasi VideoPembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning. Mathema Journal, 6(1).

Wati, F. (2023). Adnyana, K. S. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). Alfina, S. (2022, Maret). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS Pada Materi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika In. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1.

Yudi Wahyu Widiana, Gina Kania, S. S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalammengenal Bidang Geometri Dan Angka Melaluimedia Geoboard. Jurnal Tahsinia, 4(1).

Published
2025-06-01
How to Cite
Sesa, E., & Saputro, T. (2025). Implementasi Media Geoboard Di SD: Bagaimana Dampaknya Terhadap Pemahaman Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 159- 174. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.821