Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Model ARIAS Berbantuan Denah Kota Kudus
Abstract
Pembelajaran matematika sering kali belum mengaitkan konsep abstrak dengan konteks nyata. Kurangnya variasi metode pembelajaran, dan tidak tepatnya penggunaan media juga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar. Hal tersebut terjadi pada siswa kelas VI SD 1 Jati Wetan yang berdasarkan hasil observasi hanya memiliki ketuntasan belajar sebesar 33% pada materi sistem koordinat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika ranah kognitif dengan penerapan model ARIAS berbantuan media denah kota Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas dengan dua siklus, dan melibatkan 18 peserta didik kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian, kemudian penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika. Nilai rata-rata kognitif meningkat dari 67,72 pada siklus I menjadi 79,78 pada siklus II. Ketuntasan klasikal naik dari 44 % menjadi 77%. Peningkatan hasil belajar disebabkan adanya perbedaan kesungguhan belajar yang lebih baik pada siklus II. Temuan tesrserbut menunjukkan bahwa penerapan model ARIAS berbantuan denah Kota Kudus dapat membangun kepercayaan diri, minat, dan pemahaman terhadap materi sistem koordinat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penggunaan model pembelajaran inovatif dan media konkret serta integrasi konteks nyata pada pembelajaran menjadi penting untuk membantu siswa lebih memahami materi pembelajaran.
Downloads
References
Abdullahi, M., Ayub, A. F. M., Sulaiman, T., & Manaf, U. K. A. (2021). Predicting mathematics students’ continuance intention toward learning mathematics. Asian Journal of University Education, 17(3), 192-202. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i3.14503
Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP: Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18-25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Diantoro, C. T., Ismaya, E. A., & Widianto, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Aplikasi Edmodo pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4496
Indrawan, I. K. M. A., Parwati, N. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran ARIAS Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 79-85. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2820
Jannah, R., & Ain, S. Q. (2025). Pengembangan Media Papan Angka Magnet pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN 170 Pekanbaru. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 2(1), 198-206. 10.57235/mesir.v2i1.5636
Khansa, S. L. K., Pramudya, I., & Kuswadi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Disocovery Learning dengan Strategi ARIAS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi belajar pada Materi Relasi dan Fungsi. JPMM SOLUSI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi, 2(4), 259-272. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v2i4.22698
Kharisma, D., Disurya, R., & Tanzimah. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 228. Journal on Education, 6(1), 3082-3089. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3357
Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Ningrum, I. E., & Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berpendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematikla Etnomatnesia.
Ningrum, L. R. A., Dewi, N. K., & Affandi, L.H. (2023). Pengaruh Media Papan Magnet terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 300-305. 10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4625
Nuroniah, S. A., & Hajron, K. H. (2022). Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Volume 4.
Pauziah. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Kongkrit. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.36088/bintang.v1i1.232
Oktaviani, C., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Model ARIAS di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 612-617. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5380
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888-1899. https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1115
Qoidah, N.N., et al. (2023). Telaah Model Pembelajaran Matematika dan Sains. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2261. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.472
Siwi, K. I. R., Wahyudi, & Ngatman. (2024). Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri Sitibentar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 1488-1498. https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.85626
Shoimah, R., & Syafi’aturrosyidah, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. Mida : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.
Sugeng, S., Marzuki, M., & Marli, S. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy, Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1).
Utami, N. D. (2024). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. PGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.134
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Windyariani, Sistiana. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas (Strategi untuk Membelajarkan Sains di Abad 21). Yogyakarta: Deepublish.
Yasin, F. N., & Nihayah, U. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Arias Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(3), 246-259. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i3.61
Yusuf, N., & Pangestu, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal JPSD, 8(1). https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20303
Zuliana, E., Dwiningrum, S.I.A., Wijaya, A., & Purnomo, Y.W. (2023). The Geometrical Patterns and Philosophical Value of Javanese Traditional Mosque Architecture for Mathematics Learning in Primary School: An Ethnomathematic Study Journal of Education Culture and Society, 2, 512-532. https://doi.org/10.15503/jecs2023.2.512.532