Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Penilaian Berorientasi Hots Terhadap Hasil Belajar Bilangan Bulat: Sebuah Studi Kuasi-Eksperimental
Abstract
Pendidikan matematika di sekolah dasar masih menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, terutama pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang dipadukan dengan penilaian berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 14 dan SDN 15 Kota Ternate. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok: eksperimen (PBL + HOTS) dan kontrol (pembelajaran konvensional). Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai posttest yang lebih tinggi dan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Uji ANOVA dua arah juga mengungkapkan interaksi signifikan antara model pembelajaran dan jenis penilaian terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa kombinasi PBL dan penilaian HOTS dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, serta mendukung kebijakan pendidikan yang menekankan pengembangan kompetensi abad ke-21.
Downloads
References
Annuuru, M., Widodo, S., & Sujadi, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 123–135.
Caswell, C. (2019). Problem-based learning for the 21st century: A critical guide. Routledge.
Dole, S., Bloom, L., & Doss, K. K. (2017). Engaging students through problem-based learning: Tools and techniques for K–12 classrooms. SAGE Publications.
Hutabarat, E. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 45–52.
Intan, M., Rahmawati, A., & Sari, N. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dan implikasinya terhadap HOTS siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 150–162.
Samadun, M., & Dwikoranto, K. (2022). Penerapan asesmen HOTS dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 22–31.
Saraswati, E. (2020). Psikologi pendidikan dalam pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Subana, N., & Sujana, I. (2023). Evaluasi hasil belajar untuk sekolah dasar. Bandung: Alfabeta.
Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y. S., & Darhim. (2017). Improving mathematical problem-solving ability through problem-based learning. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.1-10
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2023). Implementasi penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 55–67.
Svihla, V., Reeve, R., Sagy, O., & Kali, Y. (2019). A fingerprint model of design learning. Design Studies, 62, 1–35. https://doi.org/10.1016/j.destud.2019.01.002
Wahdaniyah, D., & Agustini, R. (2023). Penilaian autentik dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 18(2), 75–89.
Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment: Instrumen dan implementasinya dalam pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press