Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Melalui Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Hasil Belajar

  • Rahmasinar Amin Universitas Al Asyariah Mandar, Polewali Mandar, Sulawesi Barat
  • Irfawandi Samad Universitas Al Asyariah Mandar, Polewali Mandar, Sulawesi Barat
  • Febryanti , Universitas Al Asyariah Mandar, Polewali Mandar, Sulawesi Barat
  • Herlina Ahmad Universitas Al Asyariah Mandar, Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Keywords: Problem Solving, Missouri Mathematics Project, Hasil belajar, efektivitas, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Problem Solving melalui Missouri Mathematict Project untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan kelas VII MA. Arrahman Patimpang Kab.Bone. yang berjumlah 26 peserta didik. Lembar observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan tes pembelajaran Problem Solving melalui Missouri Mathematict Project dianalisis secara kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik deskriptif. Hasil pengolahan data ketuntasan hasil belajar diperoleh rata-rata siklus I menunjukkan nilai frekuensi yang tidak tuntas sebanyak 21 dengan persentase 80,77 %. Untuk nilai frekuensi yang tuntas sebanyak 5 dengan persentase 19,23% dengan jumlah 26 peserta didik. Pada siklus II nilai frekuensi yang tidak tuntas sebanyak 4 dengan persentase 15,39 %. Untuk nilai frekuensi yang tuntas sebanyak 22 dengan persentase 84,61%. Pada siklus I tidak ada peningkatan yang efektif pada hasil belajar. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang efektif hasil belajar pada pembelajaran Problem Solving melalui Missouri Mathematict Project. Kesimpulannya adalah Problem Solving melalui Missouri Mathematict Project efektif meningkatkan hasil belajar matematika. Selanjutnya saran peneliti untuk studi lanjut kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik perlu diterapkan dalam pembelajaran agar terstuktur dan sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R., Irvan, I., Nasution, M. D., & Azis, Z. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Dan Missouri Mathematics Project. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 168-174.

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan software Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377-2394.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Gunadi, F., Rachmawati, u., & Hadi, i. P. (2020). Efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project (mmp) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar persamaan trigonometri. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.144

Jannah 2013. Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Peserta didik Pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1): 61-66..

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Latifah, D., & Madio, S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 159–168.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i3.320

Maulana. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berstrategi M-Rte Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta didik Pada Materi Persegi Panjang. Jurnal pena ilmiah, 2(1), 1161-1170.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Sabar, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Ipa. 1 Sman 3 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(1), 101-105.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siagian. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Samad, I. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Quantum Learning. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group, Jakarta

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Yuwono, A. (2016). Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 6–7. https://doi.org/10.30738/.v4i1.420

Published
2025-06-01
How to Cite
Amin, R., Samad, I., , F., & Ahmad, H. (2025). Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Melalui Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 249-258. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.812