Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Sekolah Dasar

  • Djamma Dimu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Nipa, Maumere
  • Sonya Kristiani Maria Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Nipa, Maumere
  • Desi Maria El Puang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Nipa, Maumere
Keywords: Model Problem Based Learning, Based Learning, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagin besar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model problembased learning terhadap hasil belajar matematika kelas VI SDK Bhaktyarsa. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desaian penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas VI SDK Bhaktyarsa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan instrumen soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diketahui pada pretest, rata-rata nilai 64, dan posttest 80. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai sig untuk pretest adalah 0,079 dan posttest adalah 0,266 sehingga memenuhi sebaran normal. Hasil uji t terhadap hasil belajar matematika, diketahui nilai thitung sebesar -17.489 untuk pretest dan posttest dengan signifikansi sebesar < 0,001 sehingga Ho ditolak. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika kelas VI SDK Bhaktyarsa. Rekomendasi penelitian yaitu: guru menerapkan model problem based learning secara berkala, khususnya dalam pembelajaran Matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Juga untuk peneliti selanjutnya, agar meneliti lebih lanjut tentang efektivitas model problem based learning pada jenjang kelas lain serta melihat pengaruhnya untuk jangka panjang terhadap motivasi dan sikap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. I. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Strategi Kognitif. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Aprilia, P. N., Khoirunisa, F. S., Husna, A. M., & Asri, M. M. (2023). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Model dan Media Inovatif. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Aran, F. F. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Pelaksanaan Lesson Study Melalui Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas II Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 2527–2540.

Asri, A., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Menceritakan Isi Dongeng Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 61–67.

Atikah, & Istiq’faroh. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian di Kelas III SDN Sidoklumpuk. Nusantara Educational Review, 1(1), 23–32.

Balimula, B. N., Lawotan, Y. E., & El Puang, D. M. (2019). Evektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Patisomba. Journal Nagalalang Primary Education, 1(1), 9–19.

Citra, W. R., Suwangsih, E., & Mustikaati, W. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 749–756.

El Puang, D. M., & Weka, F. S. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Karya Wisata terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV SDK Ona Tahun Ajaran 2021/2022. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 707–717.

Elsani, S., Nugraha, A., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Siklus Hidup Hewan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Siswa Kelas IV SDN Mugarsari. Metaedukasi, 2(2), 57–63.

Etty, A., Tanzimah, & Noviati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Methodist 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3979–3986.

Gleko, M. V., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2023). The use of picture card media on the reading ability of elementary school students. Scholar: Media Educational Scientific Journal, 13(4), 570–577.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayanti, Zulkardi, Putri, R. L. R. I. I., & Hartono, Y. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Palembang: Bening Media Publishing.

Lewar, Y. E. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 1730–1740.

Marzuki, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 156–163.

Mutiaramses, S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06(01), 43–48.

Nabila, I., Junaidi, I. A., & Firdaus, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Guru Kita, 8(2), 281–289.

Najoan, R. A. O., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1268–1278.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.

Nugroho, A. N., Muhajang, T., & Safitri, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 226–231.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., & Rahmah, G. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298.

Pangaribuan, J., Napitupulu, R. P., & Simarmata, R. K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 5 Subtema 3 SDN 095552 Jln. Asahan. Journal on Education, 06(01), 3324–3334.

Sareng, M. D., El Puang, D. M., & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 303–309.

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Yogyakarta: Andi.

Tia, T. N., Puang, D. M. El, & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(1), 79–89.

Tokan, M. F., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 2548–6950.

Trygu. (2020). Motivasi Dalam Belajar Matematika. Bogor: Guepedia.

Published
2025-06-01
How to Cite
Dimu, D., Maria, S., & El Puang, D. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 339-348. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.809