Efektifitas Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar: Literature Review
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi permainan tradisional dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui pendekatan tinjauan pustaka (literature review). Sumber data diperoleh dari berbagai basis data akademik seperti Google Scholar dengan rentang publikasi tahun 2020 hingga 2025. Seleksi artikel dilakukan berdasarkan kriteria tahun terbit, indeksasi jurnal, jenis penelitian, dan jenjang pendidikan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil kajain menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti layang-layang, congklak, engklek, gobak sodor, kelereng, lompat tali, bekel, dan dam-daman secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan sosial. Permainan tersebut mampu mengkonkretkan konsep matematika abstrak, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan interaksi sosial siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang inovatif di sekolah dasar serta mendorong pelestarian budaya lokal melalui permainan tradisional.
Downloads
References
Alawiyah, T., Valentine, V.E. and Aminah, N. (2023) Analisis Peran Etnomatematika pada Permainan Tradisonal Layangan dalam Pembelajaran Matematika.
Andriani, P.P. and Sari, A.D.I. (2024) Pemanfaatan Permainan Tradisional Layang-layang dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar’, PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), pp. 55–64.
ANGGUN CD MAS PUTRI, B. (2024) Pengembangan Permainan Engklek Pintar (Engpin) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas PGRI Palembang.
Atfal, M.F. (2022) Penerapan Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Sd Negeri 024 Samarinda Utara Tahun 2022, Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), pp. 183–191.
Burdack, J. and Schöllhorn, W.I. (2022) Cognitive Enhancement Through Differential Rope Skipping After Math Lesson, International journal of environmental research and public health, 20(1), p. 205.
Fadila, R.W. and Mariana, N. (2021) Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Lompat Tali, JPGSD, 9(4), pp. 1–12.
Faizah, S. and Alfiansyah, I. (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Sd, VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), pp. 280–289.
Fazriyah, R. (2023) Pengembangan Media Bekel Komika Berbasis Rme Dalam Konsep Fpb Dan Kpk Kelas Iv Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3).
Hanafia, A. et al. (2021) Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa, Jurnal Education and development, 9(4), pp. 354–361.
Harpizon, N.A. and Habibi, M. (2024) Desain Didaktis Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat Berbasis Permainan Tradisional Bola Bekel Di Sekolah Dasar, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), pp. 277–289.
Hendriawan, P. and Faridah, S. (2022) Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Bekles, Jurnal Tadris Matematika, 5(2), pp. 15–24.
Jurinih, J., Suryana, Y. and Ganda, N. (2022) Penggunaan Media Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pembagian Bilangan Cacah di SD, COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), pp. 1056–1061.
Kuswidi, I. et al. (2021) Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Layangan (pemahaman materi bangun datar layang-layang dan pengembangan karakter), Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematik (JPPM), 3(2), pp. 129–137.
Lily, N.M., Khotimah, N. and Maarang, M. (2023) Efektivitas Permainan Tradisonal Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini, Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), pp. 296–308.
Maria, K. (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Media Congklak Di SD Katolik Wetakara, Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(05), pp. 67–77.
Masirin, J., Muskania, R.T. and Urbanus, U. (2023) Optimasi Hasil Belajar pada Materi Konsep Pecahan Melalui Alat Peraga Kelereng Berwarna pada Siswa Kelas IV Negeri 016 Kayumea Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa, Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(1), pp. 57–66.
Matulessy, A. and Muhid, A. (2022) Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review, AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), pp. 165–178.
Maulita, R. and Suryana, E. (2022) Neurosains Dalam Proses Belajar Dan Memori, INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 8(2), pp. 216–231.
Mei, M.F., Seto, S.B. and Wondo, M.T.S. (2020) Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng Pada Siswa Kelas III SD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian, Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), pp. 61–70.
Merliza, P. (2021) Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika Pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung, Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), pp. 21–30.
Miftahurohmah, I. and Wahyuni, I. (2023) Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Dam-daman, Jurnal Pendidikan Matematika, pp. 69–78.
Mulyasari, D.W., Abdussakir, A. and Rosikhoh, D. (2021) Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Tadris Matematika, 4(1), pp. 1–14.
Murdiansyah, B.N. (2022) Analisis Keterampilan Bermain Dam-Daman Terhadap Hasil Belajar Matematika Atlet Senior Madrasah Diniyah, Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(4), pp. 677–686.
Musthofa, A.A. et al. (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Kotak Kartu Misterius (KoKaMi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Muthola’ah, Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 4(2), pp. 517–533.
Nidhof, I.M.A. and Munahefi, D.N. (2024) Kajian Teori: Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Layangan dengan Pendekatan Teori Konstukvisme untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa, in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. 417–425.
Ningrum, R.C. et al. (2024) Peranan Permainan Engklek Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Siswa Sekolah Dasar, Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 11(1), pp. 152–160.
Nuraina, N., Mauliadi, M. and Amanda, N.L. (2020) Efektivitas penerapan etnomatematika jenis “kelereng” dengan orientasi HOMTS (Higher Order Mathematica Thingking Skills) berbasis konsep penjumlahan dan pengurangan, in Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, pp. 225–228.
Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T.S. and Winoto, Y. (2020) Pustakawan referensi sebagai knowledge worker, Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), pp. 169–182.
Nurisma, D.S., Sesrita, A. and Kholik, A. (2024) Dampak Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Pemahaman Konsep Matematika: Kajian Literatur’, Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(3), pp. 266–272.
Nuryanti, N., Suryana, Y. and Giyartini, R. (2021) Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Engklek terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Jaring-Jaring Kubus, PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), pp. 254–264.
Octaviani, N., Nurasiah, I. and Nurmeta, I.K. (2024) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Gobak Sodor Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar, Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), pp. 1515–1528.
Prasetyo, E. and Hardjono, N. (2020) ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (MTK) Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(1), pp. 111–119.
Putri, A.K. and Kurniawati, W. (2024) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Congklak Siswa Kelas IV MI Al-Hadi II, Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 16(1), pp. 17–26.
Rahmasari, F., Salma, F.A. and Sutriyani, W. (2024) Efektivitas Penggunaan Media Congklak Terhadap Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar, PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), pp. 21–30.
Rahmasari, F., Sutriyani, W. and Muhaimin, M. (2023) Efektivitas Permainan Tradisional Congklak Terhadap Hasil Belajar Matematika SD, Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), pp. 508–518.
Ramdani, D.H., Nugraha, M.F. and Sunanih, S. (2024) Pengaruh Permainan Tradisional Dam-Daman Bangun Datar (Damtar) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas Iv Sdn Cililitan, Journal of Elementary Education: Strategies, Innovations, Curriculum, and Assesment, 1(2), pp. 80–91.
Riansyah, R. and Sarassanti, Y. (2025) Analisis Aktivitas Belajar Melalui Permainan Tradisional Layang-Layang Pada Materi Bangun Datar Layang-Layang, Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), pp. 14–21.
Ridwan, M. et al. (2021) ‘Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah’, Jurnal Masohi, 2(1), pp. 42–51.
Sahasika, W. and Fiantika, F.R. (2025) Eksplorasi Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Pembelajaran Berhitung Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), pp. 221–228.
Sukar, F.S.A. (2024) Pengaruh Penggunaan Media Permainan Engklek Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10).
Sumiyati, P. (2022) Implementasi Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional “Gobag Sodor” Pada Materi Bilangan Bulat’.
Widyastuti, L.R., Malik, L.R. and Razak, A. (2020) Efektivitas permainan tradisional engklek dalam meningkatkan hasil belajar matematika, Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), pp. 19–24.
Wote, A.Y.V., Sasingan, M. and Yunita, K. (2020) Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media congklak pada siswa kelas II SD Inpres Wosia, International Journal of Elementary Education, 4(1), pp. 107–111.
Zainudin, I., Hasanah, E.U. and Jamaludin, U. (2022) Penerapan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), pp. 9024–9030.