Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika: Tantangan dan Solusi di Sekolah Wilayah 3T: Studi Kasus SMP Advent Wamena)
Abstract
Pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan nilai-nilai moral siswa, namun implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, terutama di daerah terpencil seperti Kota Wamena, Papua. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika di SMP Advent Kota Wamena. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan guru, siswa, dan lingkungan sekolah sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan tantangan utama meliputi rendahnya kompetensi guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter, keterbatasan media pembelajaran kontekstual, serta minimnya dukungan dari lingkungan dan orang tua. Solusi yang diterapkan mencakup penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), kolaborasi antar guru melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) lokal, serta integrasi nilai-nilai karakter berbasis kearifan lokal Papua. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif untuk menguatkan pendidikan karakter di daerah 3T. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan model pembelajaran berbasis karakter dan rekomendasi praktis bagi pendidik serta pengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika yang berkarakter di wilayah tertinggal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan budaya lokal Papua guna mendukung keberhasilan pendidikan karakter di daerah terpencil.
Downloads
References
Aisyah, N., Chotimah, U., Susanti, E., & Lesmana, H. (2024). Pelatihan penyusunan modul ajar berorientasi nilai bagi guru komunitas belajar matematika SMA Kabupaten OKI untuk mendukung penguatan nilai karakter siswa Training on value-oriented teaching modules for mathematics community teachers of High School in OKI. 6(x), 213–228.
Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
Dewi, Y. K. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika 7 Yusfita Kumala Dewi. Math Didactic: jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 117–124.
Fitriani, L., Kiai, U., Achmad, H., & Jember, S. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di MIN 3 Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 4(1), 67–73.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Laela Anjani, Riska Despriyanti, H. A. N. (2024). Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan. Pengembangan Pendidikan, 8(1), 120–130. https://jurnalhost.com/index.php/jpp/article/view/570/722
Maghfiroh, A., Rizky, R., & Zuliana, E. (2024). IMPLEMENTASI PMRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PIZZA DALAM PEMBELAJARAN PECAHAN DI SD 2 MEGAWON. Jurnal PenelitianPembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(3), 302–309. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.3.293
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 208–214. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532/3445
Muthma, M. (2024). Peran Guru dalam Manajemen Kelas pada Pembelajaran Matematika. 5(1), 66–73.
Okdwiana, R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU Bejo Kedunbanteng-Banyumas Tahun Pelajaran 2019/2020. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.
Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.11241
Ritonga, D., & Napitupulu, S. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Education & Learning, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1292
Saputri, N. M. A., Suja, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2025). Optimalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education action Research, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/89888
Sirait, A. F., Darma, S., Annisa, R., & Zahari, C. L. (2025). Kuliah Kerja Lapangan ( Kkl ) Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muslim Nusantara (UMN) AL WASHLIYAH. 6(1), 811–816.
Zairul, M. (2021). Can member check be verified in real time? Introducing arc (asking, record, confirm) for member checking validation strategy in qualitative research. Engineering Journal, 25(1), 245–251. https://doi.org/10.4186/ej.2021.25.1.245