Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Berbasis Media Ajar Konkret Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 13 Trans Rangkang Pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi bangun ruang melalui penerapan Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret yaitu jaring- jaring bangun ruang. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan sebagai solusi terhadap masalah-masalah pembelajaran yang terdapat di kelas V SDN 13 Trans Rangkang Kabupaten Bengkayang. Penelitian ini terdiri dari empat langkah yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi tindakan. Siklus ini berulang jika hasil pada siklus sebelumnya belum mencapai target yang diharapkan dengan mengikuti langkah-langkah yang sama, dengan penekanan pada pembelajaran melalui Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik statistika sederhana. Dari penelitian yang dilakukan selama proses pembelajaran, ditemukan bahwa pada siklus I, terdapat 11 peserta didik (41%) dari total 27 peserta didik telah menunjukkan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi bangun ruang, dan berhasil mencapai KKTP yang sudah ditetapkan yaitu 62. Pada siklus II, persentase tersebut meningkat menjadi 23 peserta didik (85%), dari 27 peserta didik yang berhasil mencapai KKTP. Rata-rata nilai postes peserta didik pada siklus I adalah 61,01, meningkat menjadi 79 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% untuk ketuntasan peserta didik secara keseluruhan. Selain itu aktivitas guru juga meningkat dari 3,31 menjadi 3,84 dan aktivitas peserta didik dari 3,23 menjadi 3,76 selama proses pembelajaran dan memengaruhi hasil belajar. Analisis peneliti menyimpulkan bahwa penerapan Model Kooperatif Teknik Jigsaw berbasis Media Ajar Konkret dalam pembelajaran Matematika tentang materi Bangun Ruang dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8-12.
Argaruri, Y., Sulianto, J., Listyarini, I., & Rini, D. N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari01 Semarang. Journal Of Social Science Research, 189-201.
Ariyana, K. S., & Suastika, N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 203-211.
Bariroh, S., bania, E., & Ariel Teta Zulinar, A. T. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Progresif.
Isnawati, R., Fatmiyati, N., & Hartini, S. (2024). Upaya Peningkatan hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Danmatematika, 121-130.
Nasron, Nurhasanah, Suranda, N., & Khadafi, M. (2024). Macam-Macam Perkembangan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Di Indonesia. Journal Of Social Science Research, 14043-14057.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 1735 - 1742.
Sihab, W., & Achmad, M. (2025). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 238.
Sulaiman Sulaiman, O. Y. (2024). Metode & Model Pembelajaran Abad 21: Teori, implementasi dan perkembangannya. DI Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.
Syahida, F., Rahmasari, I., Marbun, I. A., Lubis, A. R., Dalimunthe, A. A., Simamora, E., . . . Irvan. (2024). Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Pembuatan Alperbangun Ruang Untuk Meningkatkankreativitas Anak. Communnity Development Journa, 11005.
Tiurlina, R. D., Tiurlina, & Fatihaturosyidah. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research (JSR), 395.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswadi Institusi Pendidikan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia , 1-19.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran(JIEPP), 134-140.
Wulandari, T. M., Utomo, A. C., & Undari, T. (2024). Peningkatan Hasil Belajar matematika pengukuran Sudut Melalui Model problem Based Learning Dengan Media Jam Sudut pada Peserta Didik kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 232.