Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Mahasiswa
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalsiis pengaruh media social pada minat belajar matematika mahasiswa, dengan fokus pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 37,0% terhadap minat belajar matematika, meskipun masih terdapat 63,0% variabel lain yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa, seperti metode pengajaran dan dukungan dari lingkungan sekitar. Dengan memahami dampak interaksi di media sosial, semoga penelitian ini menghasilkan wawasan tentang pemanfaatan media sosial secara optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kalangan mahasiswa.
Downloads
References
Absyari, K. F., & Wibowo, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Minat Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, (p. 906-917)
Anshori, A., & Shaleh. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal pada Remaja : Solusi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(3), 302-313. https://jurnaledukasikemenag.org
Asari, A., Astuti, T. W., Shaleh, M. S., Purba, S., Rachmatiyah, Fariati, W. T., Hendarsyah, D., Arifin, Nova, M., Fakhri, N., Anna, N. E. V. (2023). Peran Media Sosial dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV. Istana Agency.
Dedyerianto. (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208-225. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1206
Fachriadi, A., & Mugiyono, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara, 4(2), 328-338. DOI:10.58740/juwara.v4i2.127
Hardono, A., Sarayar, A. R. O., Kurniawan, H. A., Donianxon, R. A., & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019.
Hermawan, T., Khairiani D., Muthaminnah, & Saifullah, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. ASA WA TANDHIM: Jurnal Hukum, Pendidikan & Keagamaan, (3)2, 87-98. DOI: https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i2.2173
Melasari, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 5 Seluma. Disertasi tidak dipublikasikan. , Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Muskita, M., & Muskita, S. M. W. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. Jurnal Sains, Sosial, dan Humaniora (JSSH), 2(2), 70-75. https://doi.org/10.52046/jssh.v2i2.70-75
Praditasari, E. L., Handayanto, A., & Wulandari, D. (2019). Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) untuk Mengetahui Pengaruh Kebiasaan Mengakses Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 306-309. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4858
Putri, N. P., Yasmi. F., & Kardo, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal on Education, 5(4), 13710-13717. DOI:10.31004/joe.v5i4.2381
Rahayu, D. S., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Systematic Literatur Review: Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 6(1), 20-29. DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9001
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukraimin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal on Education, 5(3), 10646-10653. DOI:10.31004/joe.v5i3.1890
Riska, N. S., R. S., & Anwar. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sma Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 213-221. https://jim.usk.ac.id/pendidikan- matematika/article/view/17848
Rizalia, S., Sunartin, S., & Mansyur, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat dan Perilaku Belajar Siswa. Bioeduca Journal of Biology Education, 4(2), 12-21. DOI:10.21580/bioeduca.v4i2.11536
Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses dan Gratifications. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 207-216. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476
Septiani, R. A., & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(2), 355-361. DOI:10.31949/dm.v4i2.2156
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E. (2019) Penerapan Media Sosial WhatsApp untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK Komputama Majenang pada Pembelajaran Persamaan Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Syahrani, V. R., Harahap, M. M., & Trisiya, K. A. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 3(2), 63-68. https://jurnal-algebra.com/index.php/algebra