Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Mahasiswa

  • Rosi Ade Putri Simanjuntak Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Putra Paulus Sinurat Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Hendra Cahyadi Manurung Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Prihatin Ningsih Sagala Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • July Yanty Tanjung Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Jhosua Berutu Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
Keywords: Mahasiswa, Media sosial, Minat belajar, Matematika, WhatsApp

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalsiis pengaruh media social pada minat belajar matematika mahasiswa, dengan fokus pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 37,0% terhadap minat belajar matematika, meskipun masih terdapat 63,0% variabel lain yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa, seperti metode pengajaran dan dukungan dari lingkungan sekitar. Dengan memahami dampak interaksi di media sosial, semoga penelitian ini menghasilkan wawasan tentang pemanfaatan media sosial secara optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kalangan mahasiswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absyari, K. F., & Wibowo, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Minat Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, (p. 906-917)

Anshori, A., & Shaleh. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal pada Remaja : Solusi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(3), 302-313. https://jurnaledukasikemenag.org

Asari, A., Astuti, T. W., Shaleh, M. S., Purba, S., Rachmatiyah, Fariati, W. T., Hendarsyah, D., Arifin, Nova, M., Fakhri, N., Anna, N. E. V. (2023). Peran Media Sosial dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV. Istana Agency.

Dedyerianto. (2019). Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208-225. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1206

Fachriadi, A., & Mugiyono, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Juwara: Jurnal Wawasan dan Aksara, 4(2), 328-338. DOI:10.58740/juwara.v4i2.127

Hardono, A., Sarayar, A. R. O., Kurniawan, H. A., Donianxon, R. A., & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019.

Hermawan, T., Khairiani D., Muthaminnah, & Saifullah, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. ASA WA TANDHIM: Jurnal Hukum, Pendidikan & Keagamaan, (3)2, 87-98. DOI: https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i2.2173

Melasari, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 5 Seluma. Disertasi tidak dipublikasikan. , Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Muskita, M., & Muskita, S. M. W. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UKIM. Jurnal Sains, Sosial, dan Humaniora (JSSH), 2(2), 70-75. https://doi.org/10.52046/jssh.v2i2.70-75

Praditasari, E. L., Handayanto, A., & Wulandari, D. (2019). Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) untuk Mengetahui Pengaruh Kebiasaan Mengakses Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 306-309. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4858

Putri, N. P., Yasmi. F., & Kardo, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal on Education, 5(4), 13710-13717. DOI:10.31004/joe.v5i4.2381

Rahayu, D. S., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Systematic Literatur Review: Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 6(1), 20-29. DOI: https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9001

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukraimin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal on Education, 5(3), 10646-10653. DOI:10.31004/joe.v5i3.1890

Riska, N. S., R. S., & Anwar. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sma Negeri 14 Iskandar Muda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 213-221. https://jim.usk.ac.id/pendidikan- matematika/article/view/17848

Rizalia, S., Sunartin, S., & Mansyur, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat dan Perilaku Belajar Siswa. Bioeduca Journal of Biology Education, 4(2), 12-21. DOI:10.21580/bioeduca.v4i2.11536

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses dan Gratifications. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 207-216. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Septiani, R. A., & Abadi, A. P. (2022). Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(2), 355-361. DOI:10.31949/dm.v4i2.2156

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2019) Penerapan Media Sosial WhatsApp untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK Komputama Majenang pada Pembelajaran Persamaan Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Syahrani, V. R., Harahap, M. M., & Trisiya, K. A. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 3(2), 63-68. https://jurnal-algebra.com/index.php/algebra

Published
2025-06-01
How to Cite
Simanjuntak, R., Sinurat, P., Manurung, H., Sagala, P., Tanjung, J., & Berutu, J. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 307-313. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.790