Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Teori Kastolan

  • Juliana Maretty Citra Manullang Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Sri Lestari Manurung Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • Rosi Ade Putri Simanjuntak Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
  • July Yanty Tanjung Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan
Keywords: Analisis Kesalahan, Teori Kastolan, Matriks, Soal Materiks, Kesalahan

Abstract

Tujuan dari penelitian berbasis teori kastolan ini adalah untuk mengukur frekuensi kesalahan siswa saat mencoba memecahkan masalah matematika terkait matriks. Metodologi penelitian untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan instrumen tesnya adalah ujian tertulis dengan tiga masalah terkait matriks. Delapan siswa kelas sebelas dari SMAN 1 Nimboran berpartisipasi dalam penelitian ini. Pertanyaan pertama memiliki persentase kesalahan konseptual tertinggi (73%), diikuti oleh kesalahan prosedural (69%), dan kesalahan teknis (67%). Sementara 71% adalah konseptual, 56% adalah prosedural, dan 50% adalah teknis pada pertanyaan 2. Ada 60% kesalahan konseptual, 55% kesalahan prosedural, dan 49% kesalahan teknis pada pertanyaan 3. Besarnya kesalahan yang diidentifikasi membuat kami percaya bahwa, menurut teori kastolan, kesalahan konseptual adalah jenis kesalahan yang paling umum. Beberapa alasan mengapa siswa melakukan kesalahan ini meliputi: 1) tidak mengetahui atau tidak mampu mengingat rumus yang tepat, 2) tidak mengetahui cara menggunakan rumus yang tepat, 3) tidak mengetahui rumus mana yang harus digunakan, dan 4) menggunakan rumus, teorema, atau definisi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang diperlukan agar rumus tersebut valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriza. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Berdasarkan Teori Kastolan di SMA/MA. Disertasi Dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Ar – Raniry Darussalam Banda Aceh.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Dewi, N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan pada Siswa Kelas XI dalam Mengerjakan Soal Materi Matriks. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 17-29. DOI:10.31100/histogram.v4i1.513

Edo, M. A. W., Dhiki, Y. Y., & Meke, K. D. P. (2021). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Materi Matriks pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 ENDE. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4(2), 132-143. DOI: https://doi.org/10.37478/jupika.v4i2.860

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R., Nikmarocha, & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al- Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109-122. DOI:10.24256/jpmipa.v8i2.1002

Foster, B., & Sutrisno, J. (2019). Fokus Belajar Inti Sari Matematika. Jakarta: Penerbit Duta

Hasibuan, N. S. R., Roza. Y., & Mainunah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(3), 486-494. DOI:10.24256/jpmipa.v8i2.1002

Khairani, B. P., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505-514. DOI:10.31980/mosharafa.v10i3.981

Kiki. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Tahapan Kastolan di Kelas VIII SMP Negeri 8 Tungkal Ulu. Disertasi Dipublikasikan, Universitas Batanghari Jambi

Lastari, D. W., & Kartini. (2022). Analysis of student errors in solving problems with positive and negative integers. Jurnal Math Educator Nusantara, 8(2), 189-201. DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v8i2.18308

Manullang, S., Kristianto, A., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Sinaga, B., Marianus, M., & Sinambela, P. N. J.M. (2017). Matematika SMA Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Novita, D., & Fauzan, A. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas X MIPA SMA N 1 SOLOK SELATAN. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(3), 55-60.

Nuritasari, F., Hasanah, S. I., & Sholehoddin, A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Matriks di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 108-117.

Prasetyo, A., Fatah, A., & Novaliyosi. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Matriks. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 4(4), 328-335. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Putra, W. D. (2020). Analisi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Statistika Berdasarkan Teori Kastolan Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tarakan. Disertasi Dipublikasikan, Universitas Borneo Tarakan.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475-2488. DOI:10.31004/cendekia.v6i3.1581

Restiana, R., Putra, R. W. Y., & Ambarwati, R. (2023). Materi Ajar Matematika Matriks. Kalimantan Selatan: Ruang Karya Bersama.

Rohaeti, T. (2024). Matriks dan Operasi Dasar Matriks. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Sari, R. A., & Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 55-59.

Sitopu, S. G., & Syarifuddin, H. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas XI SMAN 3 PADANG. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 9(4), 138-143.

Published
2025-06-01
How to Cite
Manullang, J., Manurung, S., Simanjuntak, R., & Tanjung, J. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 227-236. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.787