Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Pada Konsep Bilangan Cacah
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes kemampuan numerasi untuk mengukur literasi numerasi pada subjek penelitian.Tes kemampuan numerasi, terdiri atas soal cerita sebanyak 10 nomor yang berdasarkan tiga indikator kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan model Miles dan Huberman. Metode triangulasi digunakan untuk pengujian kevalidan data dengan membandingkan hasil wawancara dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal tinggi mampu menguasai 3 indikator, subjek dengan kemampuan awal sedang menguasai 2 indikator, dan subjek dengan kemampuan awal rendah hanya menguasai 1 indikator. Indikator kemampuan numerasi meliputi penggunaan simbol dan angka matematika dasar, analisis informasi dalam berbagai bentuk, dan interpretasi hasil untuk pengambilan keputusan dalam berbagai konteks kehidupan nyata
Downloads
References
Adawiyah, S. S., Auliya, Z. U., & Pamungkas, M. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Diferensial Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 57-66
Amalia, Rizky Nyna., Pasani, Chairil Faif., & Yulinda, Ratna. (2021).Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah berbasis Literasi Sains dan Bermuatan Karakter Kreatif. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu), 1(1): 44-53.
Anti, A., Dalyana, D., Suprianto, T., Setiawati, S., Mujadi, M., Purwaningsih, S., ... & Basrani, B. (2017). Borneo, Jurnal Ilmu Pendidikan Lpmp Kalimantan Timur Volume Xi, Nomor 1, Juni 2017
Armiati., Irhasyuarna, Yudha., & Putri, Rizky Febriyani. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi sains Pada Materi Kemagnetan. Jurnal Pahlawan, 18(1): 30-37.
Budiono, Arif., Wiryokusumo, Iskandar., & Karyono, Hari. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi Dan Integratif Dalam Memfasilitasi Belajar Mandiri Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(1): 58-67.
Herwandi, Okniel., Istyadji, Maya., & Yulinda, Ratna. (2021). PengembanganBahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal Sistem Pondasi Rumah Lanting. Jurnal Pahlawan, 17(2): 101-109.
Melya, Rina., Irhasyuarna, Yudha., & Sauqina. (2022). Pengembangan ModulIPA Berbasis Literasi sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. JurnalPahlawan, 18(1): 45-53
Nur, I. M., & Sari, D. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat Operasi Hitung Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(1), 1-10.
Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Makanan berbasis Literasi Sains Kelas VIII MTsN Padang Panjang. Natural Science Journal, 4(1): 480-491.
Rahmasari, Nadha., Istyadji., Maya., & Sauqina. (2023). Pengembangan ModulIPA SMP Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11): 355-367.
Talib, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 57-64.
Warningsih, Sarni., Santoso, Handoko., & Lepiyanto, Agil. (2019). Pengembangan Modul berbasis Literasi Sains Dengan Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas Indoesia, Gowa 20 Agustus 2019.Voerman, Irene Vissche., Gustafso
