Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan

  • Asmiran Kasim Universitas Bumi Hijra Tidore
  • Hujairah Hi Muhammad Universitas Bumi Hijra Tidore
  • La Yusran La Kalamu Universitas Bumi Hijra Tidore
  • Safri Yusran La Tinamba Universitas Bumi Hijra Tidore
  • Asmin Yusran La Lukman Universitas Bumi Hijra Tidore
Keywords: Kemampuan Awal Matematika, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, Untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan Untuk mengetahui pengaruh langsung kemampuan awal matematika terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa pengaruh kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan awal matematika terhadap motivasi belajar dapat dilihat dari hasil Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa kemampuan awal matematika dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara langsung. Besaran pengaruh kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mengacu pada nilai R Square 0.385 atau sebesar 38.5%, Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara langsung. Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 31.8% dan hasil pada kemampuan awal matematika terhadap motivasi belajar pengaruh langsung secara signifikan dan positif. Besaran kontribusi pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan awal matematika sebesar 18.8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, Muhammad Arie, (2017). Peran kemampuan awal matematika dan beliet matematika terhadap hasil belajar kemampuan awal matematika membuat suatu keputusan. 1(1)

Gegbe, B., Sheriff, A., &Turayc, S-M.2015.The Impact of Motivation on Pupils’ Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary Schools in Sierra Leone: A Case Study Kori Chiefdom, Moyamba District Southern Sierra Leone. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 24(3): 27-38.

Jayanti, A., & Widyaninggar, A. A. (2019) Pengaruh motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Diskusi panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 467.

La Kalamu, L. 2021. Pengaruh Locus of Control Terhadap Motivasi Belajar. Kamboti Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 1(2): 133-142.

La Kalamu, L. dkk., 2018. the Effect of locus control on Mathematical Problem solving Ability Of GorontaloCity State Middle schoolStudent. Journal of education and Practice. 9 (34): 57-63.

La Kalamu, L. dkk., 2018 The Effect Of Guided Discivery Learning Models onMathematical Flowing viewed From The Intial Capability of Mathematics. International Journal Of Education, Information trechnology, and Others. 1 (1): 71-78

Lestari Witri, 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa. 3(1): 76-84.

Lestari, Ayu., (2017). Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar. Jurnal pendekatan ekonomi Vol 4. No 2 p. 25

Mawaddah, S., Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 (2), Oktober 2015, halaman 166-175. [Online]. Tersedia: https://scholar.google.co.id/scholar_url?url=https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/download/644/551&hl=id&sa=X&ei=7FtOYsiALcqD6rQPnJ6j2AQ&scisig=AAGBfm3UFyiuIXDcoCGmYHy_8jzWUSM7Og&oi=scholarr. Diakses pada tanggal 7 April 2023.

Mukeriyanto, dkk. (2019). The Effecct of Compensation, Work Environmentand Training On Employees Matematis. Jakarta.

Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2015 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Pemendikbud.

Rahmah, A. T. Aniswita dan Fitri H. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTSN 3 Agam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI. 4(1): 56-62.

Robbins Stephen, P. 2011. Perilaku Organisasi. (10th Ed). Alih Bahasa Benyamin Molan & Ahmad Fauzi. Jakarta: Indeks Gramedia.

Sardiman, (2015). Motivasi dan interaksi. Jakarta p.(74)

Shodiqin, A. dkk. 2020. Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik dan Rudnick Ditinjau Dari KemampuanWolfram Mathematica. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Siti Mawaddah, Hana Anisah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP.Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono. (2016)Statistik Untuk Penelitian, (Bandung : Alfabeta), hlm.84

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakiyah, M. dan Noor N. L., Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2022) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus.

Yulismah, Y. (2023). Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Dan Kebiasaan Belajar Mandiri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA N 4 Halmahera Timur. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 4(2), 9-17.

Published
2024-06-20
How to Cite
Kasim, A., Muhammad, H., Kalamu, L., Tinamba, S., & Lukman, A. (2024). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 5(1), 108 -124. https://doi.org/10.63976/jimat.v5i1.728