Analisis Kemampuan Problem Solving Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap Sulabesi Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan problem solving siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Sulabesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Sulabesi Selatan yang berjumlah 23 siswa. Sampel pada penelitian ini sama dengan popualasi yaitu semua siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah soal tes materi bangun ruang sisi datar. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif menjadi data kualitatif skala lima. Berdasarkan analisis data maka maka dapat diketahui bahwa kemampuan problem solving siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Sulabesi Selatan pada materi bangun ruang sisi datar dalam kategori rendah. Kemampuan problem solving siswa kelas VIII pada kompetensi dasar Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya dalam kategori cukup. Pada kompetensi dasar membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas kemampuan problem solving siswa dalam kategori rendah. Pada kompetensi dasar menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas kemampuan problem solving siswa dalam kategori rendah.
Downloads
References
Adini, M. H., Sukmawati, R. A., & Purba, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra. 4(2), 430–435.
Alam, A. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Tugas Administrasi Pemerintahan Desa. Jurnal Jurisprudentie, Vol. 5(No. 1), hlm. 58.
Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p91-98
Aminah, N., Waluya, S. B., & Rochmad. (2020). Integrasi teknologi dalam pengajaran matematika integration of technology in teaching math. MATTHLINE Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 87–100.
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378
Dewi, W. N., Nas, C., Sevtiana, A., Norhan, L., Perdana, R., Putra, N., & Subhan, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital Sebagai Media Pengenalan Budaya Kesenian Topeng Cirebon Kepada Anak-Anak Panti Asuhan Budhi Asih. Jurnal Pengabdian Unviversitas Catur Insan Cendekia, 1(1), 1–11.
Dimyati, A. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Sscs Problem Solving Dengan Metode Hypnoteaching. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 1–15. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.339
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Budiarti, I., Adawiyah, R., Amalia, Z., Studi, P., Matematika, P., & Keguruan, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Literasi Siswa. 4(1), 268–278.
Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Vygotsky, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177
Hernaeny, U., Marliani, N., & Marlina, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19,” 1(1), 604–611.
Husain, M., & Muslim, A. H. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Secara Online Di Sekolah Dasar Negeri Badakarya. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 174–182. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.76
Koesnandar, A. (2018). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Tik Pada Sekolah Di Daerah 3T Papua Dan Papua Barat Melalui Pendampingan Jarak Jauh. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 177–198. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p177--198
Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berbantuan Soal Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 271–282.
Maulani, N., & Subali, B. (2019). Analisis Kemampuan Rekonstruksi Problem Solving Siswa Melalui Asesmen Higher Order Thinking (HOT) Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 319–332.
Pearl Villalon Tomaro, Q. (2018). ICT integration in the educational system of Philippines. Journal of Governance and Public Policy, 5(3). https://doi.org/10.18196/jgpp.5399
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem Solving Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122
Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607
Rusdyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47-53.
Syaifar, M. H., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Sudiman, A., Ade, J., Sudin, B., Awal, Y., Tasanif, N. H., & Habsyi, R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dengan Model Problem Solving Dikelas VII MTs Al Khairat Kec. Ibu Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 1-6.
Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas IX. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10591