Kemampua Berpikir Matematika Melalui Metode Pembelajaran Inquiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Islam Samargalila Labuha Tahun Ajaran 2022-2023

  • Syaiful Bahri Rahantan STKIP Kie Raha
Keywords: Kemampuan Berpikir, Metode Pembelajaran Inquir, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul Kemampuan berpikir matematika melalui metode pembelajaran inquiri pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran matematika. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi siswa dan hasil tes tertulis.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022 pada siklus I presentasi keaktifan siswa besebar 56% dan presentasi klasikal sebesar 50%, dan pada siklus II Mengalami peningkatan keaktifan sebesar58% dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha materi sistem persamaan linear dua variabel tahun ajaran 2022 pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh siswa masih kurang yaitu 56,55 Dengan ketentuan klasikal 57%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,55 Dengan ketentuan klasikal 81%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalyono, B., & Agustin, D. A. (2017). Tri Pusat Pendidikan Dalam Menyikapi Pelaksanaan Lima Hari Sekolah Di Pendidikan Dasar. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora.
Rosmala, A (2021). Moddel-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar.
Khuluqo, Ihsan El,(2017).“Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalamproses Prmbelajaran”, Pustaka Pelajar, Jakarta.
Sujanto, B. (2021). Pengelolaan Sekolah: Permasalahan Dan Solusi. Bumi Aksara.
Rahmatillah, A. (2020). Filsafat: Sarana Berpikir Pada Manusia. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Srinanda, R. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Problem Solving Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ips Mas Pab 4 Klumpang Tahun Pembelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation).
Choirunnisah, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di SMP Nabawi Maftahul Ulum Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021.
Unger, R. M. (2018). Gerakan Studi Hukum Kritis: The Critical Legal Studies Movement. Nusa Media.
Sukron, A., & Islam, H. S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Ips Dengan Metode Inkuiri Kelas Iv Mim Ngaliyan Simo Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Iain Surakarta).
Hamdani, R. H., & Islam, S. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran. Palapa.
Agustin, Y dkk (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Muatan Ipa Pada Siswa Kelas V di Sdn 004 Sungai Kunjang. Tunas: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.
Abdul Rahman As’ari dkk (2017) Matematika / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi 2017. Buku siswa.Jakarta.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Winarno, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian. Malang. Universitas.
Published
2023-09-06
How to Cite
Rahantan, S. (2023). Kemampua Berpikir Matematika Melalui Metode Pembelajaran Inquiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Islam Samargalila Labuha Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(1), 45-64. https://doi.org/10.5281/zenodo.8320693