Pengaruh Efikasi Diri Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Masa Pandemi Covid-19

  • Muhammad Awal Nur Institut Teknologi dan Bisnis Bina Adinata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh efikasi diri matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah penelitian kuantitaftif ex-post facto. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA di Kabupaten Bulukumba dengan jumlah 144 siswa.  Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 16. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa efikasi diri matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA dengan taraf siginifikan 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel efikasi diri matematika sebesar 0,240. Besarnya pengaruh efikasi diri matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa yaitu 18,6 %. Kesimpulan penelitian ini yaitu efikasi diri matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Budi Sutrisno, & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 221–229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580
Alam, S. (2018). APA ITU MATHEMATICS SELF-EFFICACY? 9.
Amalia, F. D., & Sudihartinih, E. (2020). HASIL BELAJAR DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. SIGMA, 6(1), 8. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.807
Aswin, A., Djadir, D., & Rusli, R. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI IPA. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 174. https://doi.org/10.35580/imed11053
Dian. (2022). Kemendikbudristek Harap Skor PISA Indonesia Segera Membaik. Radio Edukasi. https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3341/kemendikbudristek-harap-skor-pisa-indonesia-segera-membaik.html
Dwijayanti, A., Ariawan, P. W., & Gunartha, I. W. (2022). HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI, EFIKASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 218–229. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.665
Fauzan Fakhrizal Azmi. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh? ITS Media Center. https://www.its.ac.id/news/2021/10/04/learning-loss-akibat-pembelajaran-jarak-jauh/
Pratiwi, I. W., & Rozali, Y. A. (t.t.). PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 234 JAKARTA TIMUR. 13.
Syehabudin, A., & Nurfalah, D. (2019). Hubungan Efikasi Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Darul Muttaqin Bekasi. 7.
Usher, E. L., & Pajares, F. (2009). Sources of self-efficacy in mathematics: A validation study. Contemporary Educational Psychology, 34(1), 89–101. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2008.09.002
Wigunawati, E. (2015). EFIKASI DIRI SEBAGAI PENGUATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. 12.
Published
2022-12-24
How to Cite
Nur, M. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(2), 66-76. https://doi.org/10.5281/zenodo.7474984