Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Disposisi Matematis Siswa

  • Irfawandi Samad 1Universitas Al Asyariah Mandar, Polewali Mandar, Sulawesi Barat
  • Ari Wibowo 2Universitas Sawerigading Makassar, Sulawesi Selatan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Accelerated learning Terhadap Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Rappang yang berjumlah 86 orang dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII B yang berjumlah 30 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan angket. Data yang  dikumpul di analisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif, statistic inferensial dan analisis angket. Dari hasil analisis statistic, diperoleh nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen yaitu 53,12 dan kelas control 52,2. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen yaitu 88,18 dan kelaskontro l61,01. Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 88%. Untuk lembar keterlaksanaan peneliti rata-rata persentase 100%. Berdasarkan hasil persentase angket disposisi matematis siswamenunjukkan bahwa dari 14 pernyataan yang diberikan rata-rata persentase yang merespon positif mencapai 96%, sedangkan rata-rata persentase yang merespon negative hanya 4%. Jika ditinjau berdasarkan criteria penafsiran persentase jawaban angket disposisi matematis siswa yang merespon positif berada pada persentase criteria  dengan penafsiran hampir seluruhnya yang merespon positif. Hasil perhitungan uji t untuk data post-test diper oleh data nilai thitung>ttabel yaitu 11,230> 1.669, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian signifikansi di dapat 0,000, karena signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 di tolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis statistic deskritif, statistic

Inferensial dan analisis angket disimpulkan ada pengaruh penerapan model accelerated learning terhadap disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri Rappang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dave Meier. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : Kaifa
Mahmudi.(2010). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Problem Based Learning ). Thesis. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Rose, Colin and Malcolm J. Nicholl. 2012. Accerelerated Learning For the 21th Century. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
WibowoArhydanHarlinaharuna nana. 2019. Pengaruh Teknik Inquiring Minds Want To Know Terhadap Hasil Belajar Matematika. JurnalIlmiahPena :SainsdanIlmuPendidikan.Vol. 1 nomor 2.UniversitasSawerigading Makassar.
WibowoArhy. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU : Vol. 15, No. 1. UniversitasSawerigading Makassar.
Published
2022-12-09
How to Cite
Samad, I., & Wibowo, A. (2022). Pengaruh Model Accelerated Learning Terhadap Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(2), 27-36. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416605