Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Pecahan
(Studi Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Samargallila Labuha Tahun 2022)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan pecahan di kelas VIIĀ SMP islam samargalila labuha dan faktor apa saja untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pacahanadapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan pecahan serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pecahan metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 4 soal. sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas vii b smp islam samargalila labuha tes yang digunakan untuk penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalaha yang dilakukan siswa dalam menyelesikan soal-soal operasi pecahan, data yang behubungan dengan penyelesain soal-soal operssi pecahan dapat diperoleh melalui tes yang dan kemudian hasilnya di diberikanĀ kemudian hasilnya dianalisis selain tes yang digunakan ada juga wawancara yang tujuannya adalah untuk menganalisis serta mencari tahu penyebab kesalahan-kesalahan siswa tersebut data didapat dari hasil tes yang di analisis melalui presentase tingkat penguasaan hasil siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada tes. setiap siswa masih sering melakukan kesalahan pada tahap- penyelesaian sial. karena siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, operasi dan prosedur untuk menyelesaikan soal tes yang diberikan Oleh Guru.
Downloads
References
Adawiyah, S. S., Auliya, Z. U., & Pamungkas, M. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Diferensial Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 57-66
Diantari, M., & Hasan, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas Xi Ipa 1 Sman 1 Indrapuri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(1)..
Evianti, N., Jafar, J., Busnawir, B., & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Ix Mts Negeri 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 138-149.
Fadillah,S. M., & Rahim, A. (2022). Faktor-Faktor Pendukung Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Anak Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Muttaallimin Darul Abror Bekasi Tahun 2019. Joel: Journal Of Educational And Language Research, 1(12), 2021-2046.Fahrizandi. "Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Perpustakaan." Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 4.1 (2020)
Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action Of Research Mathematic (Factor M), 1(1).
Ismianti, I., Yunus, J., & Umam, K. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Matematika Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas Viii Smp Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2).
Kusniati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas Vi Sdn 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 52-64.
Kusumaningrum, B., Irfan, M., & Wijayanto, Z. (2020). Errors Analysis Of Students In Solving Volume Of The Solid Of Revolution Problem In Term Of Critical Thinking Aspects. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 119-132.
Mardicko, A., Hidayatullah, H., & Alkah, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 204-210.
Pasaribu, T. U. (2018). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 6 Kota Jambi. Jurnal Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 6 Kota Jambi.
Rumangkang, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Lcd Projector Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Smp Negeri 2 Bitung Kecamatan Madidir Kota Bitung. Apolonius: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 25-31.Lampongajo, J. R., Marasut, A., & Damai, I. W. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Dumoga. Jsme (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(1), 13-18.
Habsyi, R. (2021). Profil Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 9-24.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95-108.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.
Sutisna, M., & Ulumiah, A. R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Buddha Di Indonesia. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 2(2), 318-356.