Implementasi E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Kusuma Negara

  • Rusmin R. M. Saleh STKIP Kie Raha Ternate
  • Ageng Triyono
Keywords: e-modul berbasis proyek, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP Kusuma Negara bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa menggunakan e-modul berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah Action Research dengan subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah sistem evaluasi pembelajaran matematika. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan tugas proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mahasiswa meningkat. Peningkatan dapat diketahui dari perbandingan skor aktivitas belajar pada mahasiswa siklus I dan siklus II. Pada tahap tindakan siklus I, Sebanyak 64% mahasiswa tergolong sangat aktif, 36% mahasiswa tergolong aktif, pada tindakan siklus II Sebanyak 73% mahasiswa tergolong sangat aktif, 27% mahasiswa tergolong aktif. Peningkatan penilaian hasil belajar dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Pada tahap tindakan siklus I, sebanyak 55% mahasiswa tergolong sangat tuntas, sebanyak 41% mahasiswa tergolong tuntas, dan sebanyak 4% mahasiswa tergolong tidak tuntas. Pada tahap tindakan siklus II, sebanyak 64% mahasiswa tergolong sangat tuntas, sebanyak 36% mahasiswa tergolong tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-06
How to Cite
R. M. Saleh, R., & Triyono, A. (2022). Implementasi E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Kusuma Negara. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(1), 23-33. https://doi.org/10.5281/zenodo.6616903