Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Jigsaw Pada Materi Matriks

  • Yani Awal STKIP KIe Raha

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi matriks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas XI-B MA Muhammadiyah Pabos.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, ketuntasan belajar mencapai 31,25% dengan nilai rata-rata 66,87. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan, ketutasan belajar peserta didik meningkat menjadi 56,25% dengan nilai rata-rata 74,56. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 81,25%, dengan nilai rata-rata 80,56. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Amin dkk.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kemandirian Belajar Tehadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Phisics Education Journal), Volume 2, Nomor,1.
Ahmad Thousin. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menentukan Persamaan Garis Lurus Semester I Kelas Viii G Mts. Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi.Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Alfa Syahrin. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Viiic Smp Negeri 18 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 6 No. 2 Mei 2018
Asri Apriani. 2016. Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Layang-Layang Di Kelas Vii-D Smp Negeri 1 Bayat Tahun Ajaran 2015/2016
Fauziyah dkk. 2013. Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient(AQ) Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1 Maret 2013
Hartoyo dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1), Juni 2017
Kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesian, buku SMA kelas XI, edisi refisi 2017
Linda Purwanti. 2015. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas Viii Smp Negeri 6 Lubuk Basung. Vol I No. 2, Mei 2015
Marwanto, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Teorema Pythagoras Melalui Pembelajaran Model Group Investigation Siswa Kelas Viii A SMP Negeri 26 Semarang PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 679-688PRISMA 3 (2020): 679-691.
Masbudi Hartoyo. dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawberbasis Pendekatan Saintifikterhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1), Juni 2017
Maya Nurfitriyanti.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Formatif 7(2): 153-162, 2017ISSN: 2088-351X.
Rahim Tonggol. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Number Head Together (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 5 Kota Ternate Tahun Ajaran 2017/2018).Skripsi.Program studi pendidikan matematika, jurusan pendidikan mipa, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas khairun, ternate.
Rahmat, Ikhsan dan Zubainur.2019. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Peluang, Vol. 7, No. 1, 1.
Habsyi, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Statistik. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, 2(2), 65-79.
Rusdyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47-53.
Sakdiah*.2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawuntuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Ix-Bdalam Materi Fungsi Kuadrat Pelajaran Matematika. Perfeksional Vol. 1 No. 1; Oktober 2018:50−56.
Ummi Rosyidah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X
Yasifati Hia. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawuntuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajarmatematika Siswa Kelas VIII.Yasifati Hia adalah Dosen Jurusan Matematika; Sekretaris Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan.
Published
2022-06-06
How to Cite
Awal, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Jigsaw Pada Materi Matriks. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(1), 9-14. https://doi.org/10.5281/zenodo.6616716