Penerapan Model Pembelajaran Means End’s Analisys (MEA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil Belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada materi pecahan bentuk aljabar di Kelas VII SMP Nurul Ilmi Posi-Posi Kayoa Selatan. (2) Aktivitas guru dan siswa saat di terapkan model pembelajaran Means Ends Analysis pada materi pecahan bentuk aljabar di kelas VII SMP Nurul Ilmi Posi-Posi Kayoa Selatan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Nurul Ilmi Posi-Posi Kayoa Selatan. Hasil Temuan Penelitian ini menunjukan: (1) pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa yang dapat dideskripsikan diantaranya 7 siswa (23,33%) dengan kategori cukup, 12 siswa (40%) dengan kategori kurang dan 11 siswa (36,67%) dengan kategori gagal dengan nilai rata-rata 43,12 yang berkategori kurang. (2) pada siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 15 siswa (50%) dengan kategori memuaskan, 8 siswa (26.67%) dengan kategori baik dan 4 siswa (13,33%) dengan kategori cukup dan 3 siswa (10%) dengan kategori kurang, maka nilai rata-rata dari tes akhir pada siklus II yaitu 79,38 yang berkategori Baik. Selain dari paparan nilai diatas dapat dibuktikan juga dengan aktivitas guru dan siswa, dimana pada sisklu II aktivitas siswa sangat mencerminakan Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Means Ends Analysis.
Downloads
References
Ahmad Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Prenamedia Group
Huda, Miftahul. (2014). Model-model PengajarandanPembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isrok’atum dan Amelia Rosmala. 2018.Model-Model Pembelajaran Matematika.Jakarta: Bumi Aksara.
J. Dris Tasari.2010.Matematika Jilid 1 SMP dan Mts kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2011.
Kadek Ayu Astuti, 2018. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Nurafifah, F., Nurlaelah, E., & Sispiyati, R. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 1-8.
Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.
Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: kencana
Sugiyono, 2019.Statistik U ntuk Penelitian.Bandung :Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Teguh Triwiyanto,2014.Buku Pengantar Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.