Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsepsistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Ternate

  • Yani Awal
  • Titi Sandra Ajam STKIP Kie Raha

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan strategi model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Ternate.Melalui metode ceramah, Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Rencana penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan terdiridari 4 (empat) tahap kegiatan utama yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi (pengamatan), dan (4) refleksi.Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SMP Negeri 13 Kota Ternate pada bulan Agustussampai bulan September 2020.Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes.  Untuk melakukan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa perbandingan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis siswa sesudah diadakan tindakan mengalami peningkatan yaitu dari tindakan siklus I sebesar 48,43% sampai 62,30 % Keberhasilan tersebut dapat dikatakan karena dariperbandingan pada prasiklus kesiklus I (tingkat kualifikasi baik) dan dari siklus I kesiklus II (tingkat kualifikasi sangat baik). Oleh karenaitu, penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaranSPLDV menggunakan metode Inkuiripada siswa Kelas SMP Negeri 13 Kota Ternate dilakukan dengan efektif, lancar dan tuntas yang terlihatdari keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CW Mills. (2000).The sociological imagination. books.google.com

Dimyati dan Mudjiono (2013).Belajar dan Perkembangan . Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Hamruni (2019) dikutip dari kemp.strategi pembelajaran Yogyakarta: Teras.

Hamruni dan Hartono.(2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Hamruni.(2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

M Tindangen, V Vandalita (2016) - Proceeding Biology Education - jurnal.uns.ac.id

N Hamiyah, M Jauhar ( 2014 . Strategi belajar mengajar di kelas.Jakarta: Prestasi Pustakaraya,

Ngalimun.(2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

S Arikunto (2007). -Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suprijono.(2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Y Saragih (2015). Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri - jurnal.unimed.ac.id

Published
2021-06-01
How to Cite
Awal, Y., & Ajam, T. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsepsistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(1), 11-22. https://doi.org/10.5281/zenodo.4870289