PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi pada Sekolah Dasar Kecamatan Ibu Selatan Kabupaten Halmahera Barat)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat. Mutu pendidikan merupakan aspek krusial dalam pembangunan sumber daya manusia, dan peran kepala sekolah serta kinerja guru diyakini memiliki kontribusi signifikan terhadap pencapaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada guru-guru yang bertugas di Sekolah Dasar Kecamatan Ibu Selatan. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen (kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru) terhadap variabel dependen (mutu pendidikan). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran empiris mengenai seberapa besar kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama maupun parsial memengaruhi mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan berharga bagi pihak-pihak terkait, terutama dalam merumuskan kebijakan dan program peningkatan mutu pendidikan yang lebih efektif di wilayah penelitian dan sekitarnya.
Downloads
References
Agus Eka Saparudin, H. E. Syarifuddin, & Anis Fauzi, 2022. The Influence of Principal Leadership and Teacher Performance on the Quality of Study Education at SMKN 2 and SMAN 2 Serang City. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) Vol.1, No.2, 2022: 3261-3282. DOI: https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.644
Ikram, Dedy Achmad Kurniady & Eka Prihatin, 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan 26 (2) (2019) 217-224. ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 | Journal homepage: http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs
Amna Emda, 2016. Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2, 2016
Bahori Muslim, Edi Harapan dan Nila Kesumawati, 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains Vol. 9, No. 1, Juni 2020 Website: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita ISSN 2303-2952, e-ISSN 2622-8491
Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Dielfi, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. ISSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 10228-10233 Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021
Endang, 2020. Kinerja Dewan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 4, no. 1, Mei 2020 IAIN Curup – Bengkulu|p-ISSN 2580-3581; e-ISSN 2580-5037. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1435
Fatmawati, Supardi &Atang Suryana, 2022. The Effect of Work Motivation and Teacher Performance on Education Quality Improvement. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS) Vol.1, No.2, 2022: 199-220. DOI: https://doi.org/10.55927/fjss.v1i2.561 ISSN-E: 2830-0246 https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjss
Idatul Fitriyah & Achadi Budi Santosa, 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021 Volume 5, No 1, Januari-Juni 2020.
Isma, 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Sembawa. SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 1883-1894 Volume 4 Nomor 3 Tahun 2020
Kristiawan, M., Suryanti, I., & Muntazir, M. (2018). Inovasi Pendidikan. Wade Group National Publishing.
Nur Rahman, Henny Suharti & Herfina, 2023. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini e-ISSN: 2723-6390, hal.149-161 Vol.4, No. 1, Juli 2023 DOI: 10.37985/murhum.v4i1.174
Rivai. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol.4(1).
Suci Putri Mantika & Anim Purwanto, 2022. Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi, Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di SMK Kabupaten Bogor. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 2. No 3. Agustus 2022 e-ISSN : 2807-1808 P-ISSN : 2807-2294
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2002, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukran,Suhirman & Bahtiar, 2023. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mts Al-Madaniyah Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. (JIME) Vol. 9 No. 1 Januari 2023p-ISSN:2442-9511,e-2656-5862DOI:
Tarsisius Wartono, Lisa Gracia Kailola & Bintang Simbolon, 2021. Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Lembaga Pendidikan Bina Pangudi Luhur Jakarta. SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online). Halaman 5390-5400 Volume 5 Nomor 2 Tahun 2021
Utik, 2023. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan di SDN.Plawad III Karawang. Journal on Education Volume 05, No. 04, Mei-Agustus 2023, pp. 17792-17800 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website: http://jonedu.org/index.php/joe
Wardani Wardani, Ruhita Ruhita & Andri Supriadi, 2023. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Smp Negeri Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. P-ISSN: 2620-4363 & E-ISSN: 2622-1098 Edum Journal, Vol 6, No 1, Maret 2023