ANALISIS KECEMASAN MAHASISWA BIOLOGI ISDIK KIE RAHA MENGHADAPI UJIAN PROPOSAL SKRIPSI TAHUN 2024-2025

  • Muhammad Hidayat, Ermin, Rifai Kasman ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Bimbingan Dosen, Dukungan Sosial, Kecemasan Mahasiswa, Proposal Skripsi, Tekanan Keluarga.

Abstract

Kecemasan dalam menghadapi ujian proposal dan skripsi menjadi tantangan serius bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi ISDIK Kie Raha, Maluku Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kecemasan dan mengidentifikasi strategi coping yang diterapkan mahasiswa pada tahun akademik 2024-2025. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di lingkungan ISDIK Kie Raha dengan melibatkan 30 subyek mahasiswa yang akan menghadapi ujian proposal dan skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan mahasiswa merupakan fenomena multidimensi, di mana faktor internal seperti kesiapan akademik dan materi penelitian yang belum matang berperan dalam menimbulkan perasaan tidak percaya diri dan ketidakpastian. Faktor eksternal, terutama tekanan dari keluarga dan ekspektasi tinggi lingkungan akademik, memperburuk kondisi tersebut. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya intervensi holistik yang mengintegrasikan peningkatan kualitas akademik—melalui pelatihan intensif penulisan ilmiah dan pengelolaan literatur—serta pemberian dukungan emosional oleh keluarga dan dosen. Strategi-strategi tersebut diharapkan dapat menciptakan lingkungan akademik yang suportif, sehingga kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian proposal dan skripsi dapat ditekan secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrina, F. N., & Pertiwi, T. L. (2022). "Ketakutan terhadap COVID-19 dengan Kecemasan Karier di Masa Depan pada Mahasiswa Tingkat Akhir." PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.4933
Apriliana, D. N. (2021). Strategi koping dan stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring pada masa pandemi Covid-19. J Imiah Psikol, 9(1), 89-96. pdf- libre.pdf
Fariza, Y. (2021). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19 [Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. https://repository.unissula.ac.id/26983/

Hadi, A., Farozin, M., & Astuti, B. (2024). Strategi Coping Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menghadapi Kecemasan Karir. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 69-77. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.69-77
Jannah, F. N., & Cahyawulan, W. (2023). Gambaran kecemasan karier mahasiswa tingkat akhir di masa pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 45-57.
https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.55332
Kazemi, A., Azimian, J., Mafi, M., Allen, K. A., & Motalebi, S. A. (2021). "Caregiver burden and coping strategies in caregivers of older patients with stroke." BMC Psychology, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40359-021-00556-z
Linayaningsih, F. (2007). Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Dalam Mengerjakan Skripsi (Doctoral dissertation, PRODI PSIKOLOGI UNIKA SOEGIJAPRANATA).
https://repository.unika.ac.id/5274/1/03 40.0139%20Fitria%20Linayaningsih%20
COVER.pdf
Manurung, S. A. (2023). Studi Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi [Skripsi, Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/21663
Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84-89. http://dx.doi.org/10.29210/02247jpgi0005
Martha, F., & Zadrian, A. (2024). "Hubungan Strategi Koping dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi." Masaliq: Jurnal Pendidikan dan Sains.
Moleong, Lexy. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Nevid, Jeffrey S., Spencer A.R., & Beverly Greene. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta:
Erlangga.
Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019). Perbedaan Derajat Kecemasan antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Medula, 9(1), 78-82.
http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/20106
Stuart, Gail W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa (Terjemahan Ramona P. Kapoh & Egi Komara Yudha). Jakarta: EGC.
Sugiharno, R. T., Susanto, W. H. A., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189-1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760
Walean, C., Pali, C., & Sinolungan, J. (2021). "Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19." Jurnal Biomedik, 13(2), 132–143. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31765
Published
2025-06-20