ANALISIS MINAT PESERTA DIDIK SMA Al-KHAIRAAT LABUHA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN TINGGI DI ISDIK KIE RAHA MALUKU UTARA

  • M. Iksan B. Aly, Silfani Abubakar, Nani Renwaren ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Motivasi, cita-cita, kemauan dan minat untuk melanjutkan pendidikan tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempenganruhi minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi, cita-cita,  dan kemauan secara bersama-sama berpengaruh besar terhadap minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi pengaruh yang paling besar adalah motivasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi karena motivasi yang tinggi dapat menumbuhkan minat yang kuat dalam diri peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Pendidikan tinggi juga merupakan suatu tingkatan pendidikan yang memberikan pengalaman ilmu pengetahuan yang belum di dapatkan peserta didik saat menempuh pendidikan dasar yang mengenah. Pada dasarnya hal yang dapat mendorong peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi berasal dari keinginan dalam diri peserta didik. Minat peserta didik dalam melanjutkan pendidikanya salah satunya berasal dari faktor motivasi.  Hasi penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan anatar motivasi, cita-cita, dan kemauan dan untuk yang memiliki pengaruh paling besar adalah motivasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi, karena motivasi yang tinggi akan menumbuhkan minat yang kuat di dalam diri peserta didik untuk melanjutkan pendidikan tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 77–82.
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Eprillison, V. (2015). Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ke Program Studi Pips Pascasarjana Unp.
Economica, 3(1), https://doi.org/10.22202/economica.2014.v3.i1.236 53–63. Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial
Fajar Prasetyo Aji Suyitno. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Peserta didik untuk Melanjutkan Studi ke SMK Jurusan Tkr di SMPN 34 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo
Meilianawati. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi pada Remaja di Kecamatan Keluang Musi Banyuasin. Jurnal Fakultas Psikologi. Universitas Bina Darma. Palembang.
Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Ninuk Indriyanti. dkk. (2013). Faktor Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Peserta didik Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2013. Jurnal pendidikan Ekonomi-BKK Akuntansi. FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Siti Khadijah. Dkk (2017. Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Vol 26.
Siti Nurmala. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Peserta didik untuk Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan. Volume 42. Nomor 2. Kalimantan Selatan.
Published
2025-06-20