PEMANFAATAN LABORATORIUM ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELURAHAN FORA MADIAHI

  • Jena Andres, Nurhaida Sapsuha, Windi Wah ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Pemanfaatan Alam Sebagai Laboratorium

Abstract

Pemanfaatan laboratorium alam dalam pembelajaran, khususnya Biologi, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman langsung di lingkungan sekitar. Konsep ini memungkinkan siswa untuk mengamati, menganalisis, dan memahami fenomena alam secara konkret, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menarik. Selain itu, pemanfaatan laboratorium alam juga dapat menumbuhkan minat siswa terhadap sains, mengembangkan keterampilan proses ilmiah, dan membentuk sikap positif terhadap lingkungan. Siswa di Kelurahan Fora Madiahi dapat mengamati berbagai ekosistem seperti hutan, mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik, serta mempelajari interaksi antar organisme dan lingkungannya. Siswa di Kelurahan Fora Madiahi dapat mengamati siklus alam, seperti evaporasi, kondensasi dan presipitasi, serta memahami peran air dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Anindita, N., & Sidabutar, M. (2020). Pemanfaataan lingkungan berbasis alam sebagai sumber belajar kelas V di SD 1 Trirenggo Bantul. Epistema, 1(1), 13– 22. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32055
Ismijanto: 2010: Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Alam Sekolah terhadap Motivasi dan Retensi Hasil Belgiar Materi Pelqiaran Ekosistem pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tuìungagung Tahun Pelqjaran 2009/2010: Tesis: Pasca Sarjana_ Universltas Negeri Malang.
Muliana Gh, Dian Dwi Putri USP, Adnan, Abd Muis, Andi Farida Arsal. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPA & Biologi di MTS Arifah Gowa. Vol (2). No (1).
Marijan. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Tumbuhan Bagi Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Negerl 5 Wates Kulon Progo_ Prosinding Seminar Nasional Peneìitian, Pendidikan, dan Penerpan . WPA: Fakultas MIPA: Universitas Negeri Yogyakarta: 2 juni 2012
Meliala: E. A.: 2009: Pemanfaatan Ling/cungan Sekolah Sebagai Laboratorium Alam da/am Meningkatkan Hasil Belqjar Siswa SMP Negeri I Biru-Biru Tahun 2008/2009, Skripsi: FMIPA: Unimed: Medan.
Narieswari, Ajeng. (2022). Penerapan Literasi Sains melalui Pemanfaatan Lingkungan pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2): 312-319.
Nurbaya., Listiani, H & Mustaqimah, N. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 13 Bontoa. Jurnal Biotek, 10(2): 189-200.
Nurhalizah & Dahlan, S. (2022). Analisis Pemanfaatan Alam Sekitar Dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(2): 111-121. Doi: 10.22219/jp2sd.v10i2.19987
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1): 66-72. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.6618
Nurlaeliana, Satriani & Rezki. (2022). Analisis Potensi Tumbuhan Lokal Sebagai Sumber Belajar Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Holan, 2(1): 72-76.
Retno Utaminingsih, (2015). Prmanfaatan Lingkungan Sebagai Laboratorium Alam. Vol (2). No (1)
Ridzal, D, A., Haswan., Rosnawati, V & Ahmad, A. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Laboratorium Alam Dalam Pembelajaran Siswa SMPN 17 Baubau. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1): 11-15. DOI: 10.34312/ljpmt. v2i1.17527
Syaflin, S. L., Ayurachmawati, P., Sunedi., Dedy, A & Ifnuari, M. R. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Community Development Journal, 4(2): 3817-3823.
Syukur, A., Idrus, A. A., & Zulkifli, L. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Ekosistem Lamun sebagai Inovasi Sumber Belajar IPA pada Guru dan Siswa di SMPN 1 Keruak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3): 376-380.
Published
2025-06-20