ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENDUKUNG KENTRAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SMA NEGERI 2 KABUPATEN HALMAHERA BARAT

  • Ermin , M. Hidayat ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: PjBL, Kolaborasi.

Abstract

Keterampilan kolaborasi adalah suatu kemampuan dalam bekerjasama mengerjakan Kerja proyek searah bersama-sama dengan satu tujuan. Keterampilan kolaborasi sangat penting dilatih kepada siswa, dengan adanya proses kolaborasi dalam pembelajaran siswa dapat mengembangkan kemampuan sosial. Keterampilan kolaborasi hal yang sangat penting di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, tentu saja dapat merangsang keaktifan belajar siswa di dalam proses pembelajaran. Siswa membutuhkan  model pembelajaran agar keterampilan kolaborasi dapat di tingkatkan. Project Based Learning (PjBL). Model Project Based Learning (PjBL) ini dapat melibatkan siswa dalam memecahkan permasalahan dan memberikan peluang kepada siswa untuk belajar secara mandiri, dan puncaknya akan menghasilkan karya atau produk hasil kreasi dari siswa. Model pembelajaran ini melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientas pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa, untuk merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian berdasakan analisis deskriptif bahwa dari 40 siswa kelas XI diSMA Negeri 2 Kabupaten Halmahera Barat pada ketiga indikator keterampilan kolaborasi yaitu berkontribusi secara aktif 75% (rendah), bekerja secara produktif 87,5% (rendah) dan bertanggung jawab 62,5% (sedang).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. P., Putri, A., Anfira, D. K., & Prayitno, B. A. (2020). Profil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada rumpun pendidikan MIPA. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 229–238.
Fadel, C., Bialo, E. R., & Trilling, B. (2015). Four-Dimensional Education: The Competencies Learners Need to Succeed. Center for Curriculum Redesign.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: a guide to evaluating masteryand authentic learning. Corwin.
Kundariati, M., Latifah, A. N., Laili, M. R., Susilo, H., Biologi, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2019). Peningkatan keterampilan kolaborasi melalui pembelajaran biologi berbasis lesson study mahasiswa S1 pendidikan biologi universitas negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Dan Workshop Biologi-IPA
Munandar, H., Suwardi, & Hasyim. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola melaui model kolaborasi murid kelas Vb SD Inpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. 4, 1–15.
Noddings, N. (2013). Caring: A Relational Approach to Ethics and Moral Education. University of California Press.
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis keterampilan berkolaborasi siswa sma pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 1–15.
Rasid, Z., Tewal, B., & Kojo, C. (2018). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan Perum Damri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 1008– 1017.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/fo
Sufajar, D., & Qosyim, A. (2022). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa Di Masa Pandemi Covid-19. Pensa: EJurnal Pendidikan Sains, 10(2), 253–259.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. AI. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta CV Suryabrata, S. (2017). Psikologi Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.
Published
2024-11-12