Penerapan Pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi benda dan kegunaannya di Kelas III SD Muhammadiyah Ambon

  • Sarty Imkari, Janaba Renngiwur, Ermin ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Hasil belajar peeserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  penerapan  pembelajaran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar  peserta didik pada pembelajaran IPA materi benda dan kegunaanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode  eksperimen  dengan bentuk pretest posttest group design. Menurut Sugiyono penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan (Sugiyono, 2019). Dalam penelitian ini menggunakan desain ekperimental semu (quasi experimental) dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen . Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Ambon. Subyek yang digunakan yaitu kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 61 orang . Pengambilan data dengan menggunakan observasi, tes , dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus t tes.. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai  hasil belajar  siswa pada kelas kontrol diperoleh    nilai terendah 65  dan nilai tertinggi 67,59 . Sedangkan pada kelas ekperimen diperoleh  nilai terendah 64,22 dan nilai tertinggi 75,31.  Hasil analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar 2,094 dan nilai t tabel sebesar 2,042 , berdasarkan data tersebut maka nilai thitung sebesar 2,094 >  ttabel 2.042, signifikansi 0.000 < 0.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap  hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA  materi benda dan kegunaanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bria, F. A. M., Leba, M. A. U., & Tangi, H. C. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik PadaMateri Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Menggunakan LKPD Berbasis Lingkungan. 1(2), 353–358.
Erviana, Lina (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP-It Ar Rahmah Pacitan. Jurnal Dinamika 7(2).
Isnaini, Muhammad. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran torso terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 19 palembang. Jurnal Biota (2)1.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/biota/article/view/535
L. U. Ali, 2013 “Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur” dalam e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA”, (3)2.
Mustika, R., Singkam, A. R., & Karyadi, B. (2019). Pengembangan Lembar Kerja PesertaDidik Berbasis Lingkungan Sekitar Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Smp Tentang Konsep Identifikasi Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 174–184. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.174- 184
Muhammad M.F, Anastasia R.,P., Muhammad. R.pengaruh pembelajaran berbasis lingkingan terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V Jurnal Riset Pendidikan Dasar 5 (2)
Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79
Sukhadeni, Luh Putu (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus Budi Utomo. Jurnal Mimbar PGSD Undisksha (2)1.
Sugiyono, (2019)Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,Bandung: Alfabeta
Sri Sulistyorini, (2017) Pembelajaran IPA Sekolah Dasar,Jogyakarta: Tiara Wacana,
Teresya. F., Evayenny, & Rahmad, I. N. (2023). Improving Science Learning Outcomes Through Environment Based learning Models Environment-Based Learning. Proceeding of International Conference on Education, Volume 2, 342–348. https://doi.org/10.37640/ice.02.685.
Trianto., 2008., Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di kelas, (Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Trianto. 2019 Model Pembelajaran Terpadu. ,Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Published
2024-11-12