PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 6 SUSUPU KABUPATEN HALMAHERA BARAT
Abstract
Number Head Together (NHT) suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas Number Head Together (NHT) p bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Susupu Kabupaten Halmahera Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil uji menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran terapkan diperoleh nilai signifikansi Intercept yaitu 0,000 ≤ 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil siswa di SMP Negeri 6 Susupu Kabupaten Halmahera Barat. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran ceramah nilai posttest Rsquared mendekati 1 yaitu 0,406 berati terdapat korelasi yang kuat dari model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) jika dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah,