PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NUMBERD HEAD TOGTHEAR (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA KELAS XI SMA PADORA SOAMAETEK KABUPATEN HALMAHERA UATARA
Abstract
Numberd Head Togthear (NHT) Adalah Bagian Dari Model Pembelajaran Koperatif yang merupakan salah satu model pembelajaran efektif dan efisien untuk menyampaikan suatu pengajaran. Dalam pelaksanaan guru dituntut untuk dapat mengelola kelas dengan baik karena pembelajaran kooperatif mengajarkan siswa untuk dapat bekerja sama dalam kelompoknya guna mencapai tujuan bersama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Numberd Head Togthear (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif Siswa Kelas XI Sma Padora Soamaetek Kabupaten Halmahera Uatara. Dalam penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang mengunakan siklus, apabila pada siklus I tidak meningkat maka melanjutkan dengan siklus II. Hasil penelitian kelas X1 SMA Padora Soamaetek. Menunjukan bahwa model pembelajaran HHT dapa meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa. Nilai kognitif siwa pada siklus I sebesar 4.1 mengalami peningkatan yaitu pada siklus II sebesar 8,1 sedangkan nilai afektif pada siklus I sebesar 1orang dengan nilai cukup dan siklus II sebesar 14 siswa mendapat nilai dengan kategori baik
Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara. AULIA, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL “ROLLING BALL GAME” DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.
Magdalena, I., Hidayah, A., & woro Astuti, A. (2020). Peran kinerja guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Nusantara, 2(3), 383–392.
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.
Priyayi, D. F., Nurani, D. E., & Hastuti, P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Pabelan Melalui Penerapan Model Project Based Learning.
Putra, S. H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 84–95.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.