IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 47 HALMAHERA-SELATAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Abstrak.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sejumlah 21 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan Tes, observasi dan dokumentasi. Penerapan model kooperatif tipe jigsaw melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan,tahap pelaksanaan/tindakan jigsaw, dan tahap penutup/evaluasi dapat meningkatkan keefektifan belajar siswa. Dengan penerapan medel kooperatif tipe jigsaw siswa yang berpartisipasi aktif maupun siswa yang pengamat aktif dapat mengembangkan imajinasi, membentuk kekompakan kelompok, siswa tidak malu dan ragu untuk mengembangkan potensi. Dari hasil pengamatan pada siklus I terlihat bahwa sebagian besar siswa masih belum memahami betul teknik pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, hal ini terlihat masih kurang efisiennya penggunaan waktu pada pembentukkan kelompok dan jalannya diskusi. Dari hasil pengamatan oleh observer pada kegiatan siklus II didapatkan hasil bahwa Pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe JIGSAW sudah lebih baik dibandingkan dengan siklus I. . Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran biologi.
Downloads
References
Herawati, L., & Irwandi, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211
Magdalena, I., Hidayah, A., & woro Astuti, A. (2020). Peran kinerja guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Nusantara, 2(3), 383–392.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Qamariyah, N. (2018). TEORI BELAJAR AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN. Journal of Materials Processing Technology, 1(1). https://www.academia.edu/download/57982397/Nuril_Qamariyah_-_Teori_Belajar_PAIKEM.pdf
Sahrul, S., Mirawati, B., Majid, A., & Fajri, S. (2022). Korelasi keterlaksanaan pembelajaran biologi dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Reflection Journal, 2(1), 7–16.
Tambunan, A. F., Tambunan, A. M., & Pakpahan, H. M. T. (2023). Optimalisasi Manajemen Perintisan Pendidikan Non Formal Lembaga Kursus Little Josua di Desa Pagarbatu Tapanuli Utara. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 7(2), 132–145.
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547.