PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 15 HALMAHERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah biologi pada peserta didik kelas x negeri 15 Halmahera selatan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research), guna mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan keterampilan memecahkan masalah biologi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 15 Halmahera Selatan. kelas X SMA Negeri 15 Halmahera Selatan. Berasarkan hasil penelitian yang telah diungkapkan sebelumnya maka dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran PBL pada siklus I 69,37 dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yakni 85,00. Dengan demikian model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil kelas X SMA Negeri 15 Halmahera Selatan.
Downloads
References
Anik Handayani, Henny D., K. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Volume 5 Nomor 3 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Ari Hariyanti (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis Vol 4 No 1
Delsi Novelni, Elfia S. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu DiSekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli Vol 4 No 1 e-ISSN: 2656-6702
Desi Pristiwanti., Bai B., Sholeh H., Ratna S, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4Nomor 6 E-ISSN: 2685-936X
Markus Iyus Supiandi, Hendrikus Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 4 No. 2, Juni 2016, Hal 60–64
Muhiddin Palennari1, Lasmi1, Rachmawaty. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 5 (2), 208-216 (2021)
Musliyono (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV Dengan Menggunakan Media Google Meet. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series p-ISSN 2620-9284 e-ISSN 2620-9292
Nensy Rerung., Iriwi L.S.S., Sri W (2017). Penerapan model pembelajaran problem bassed Learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik sma pada materi usaha dan energi P-ISSN: 2303-1832 e-ISSN: 2503-023X
Rahmadani (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Vol. 7 No. 1