Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IAIN Ambon untuk Pengembangan Modul pada Matakuliah Bioteknologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah Bioteknologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 80 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara porposive sampling sebanyak 40 orang. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah Bioteknologi adalah 80,82% mahasiswa sulit belajar karena dari faktor diri sendiri dengan kategori tinggi, faktor sarana dan sarana pembelajaran 81,25 % dengan kategori sangat tinggi, faktor keluarga 72,5% dengan kategori tinggi, dan faktor lingkungan masyarakat 67,5% dengan kategori tinggi.