MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN MELALUI MODEL PBL DI MTS AS-SYIFA WAMA OBA SELATAN KOTA TIDORE KEPULAUAN
Abstract
Abstark: Hasil belajar kognitif juga memiliki peran penting dalam pembelajaran, hasil belajar kognitif merupakan kemampuan siswa dalam mempelajari suatu konsep disekolah dan dinyatakan dalam skor melalui hasil tes. Hasil belajar yang baik tergantung pada aktivitas belajar siswa saat pembelajaran berlangsung di kelas. Aktivitas belajar merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh siswa di dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran tersebut berupa proses berpiki, mengerjakan tugas, berdiskusi, dan lain sebagainya mengemukakan bahwa aktivitas belajar adalah keterlibatan siswa dalam bentuk sikap, minat, perhatian, dan aktivitas dalam kegiatan pembelajaran guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran dan memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut.Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran berbasis masalah. Problem Based Learning juga merupakan kurikulum sekaligus preses meliputi masalah-masalah yang dipilih dan akan dirancang dengan cermat, yang menuntut upaya kritis peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, menyelesaikan masalah, belajar secara mandiri, dan memiliki skil partisipasi yang baik Model pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi menginspirasi, menguatkan, dan melatari model pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu. Dilihat dari model pembelajaranya, terdapat dua jenis yaitu model pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan model pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). Berdasarka hasil pnelitian menunjukan bahwa Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi. Dari hasil penelitian, tingkat ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67%, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80,3 % sedangkan pada hasil belajar kognitif siklus I sebesar 66% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 76%. Jadi tingkat ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dengan itu target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai sesuai target yang ditentukan yaitu 75
Downloads
References
Deni Kurniawan (2019). Taksonomi Kognitif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Lembaga Penelitian UIN Jakarta Pres.
Hamalik . (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta Bumi Aksara.
Harsono (2019),Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA. JurnalPendidikan Dan Pembelajaran,3(3)
Jamil Suprihatiningrum (2019), Inovasi Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning,Predana Media Group,Jakarta. (9789791486637)
Kunandar. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tehadap Hasil Belajar. Tinjau dari Aktivitas Belajar : Surakarta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Jurnal Pendidikan IPA Biologi , 1(1), 1-10.
Mifhatul Huda . (2014). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka belajar.
Sarwono . (2018 : 19) . Model Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan.
Sardiman (2017) . Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xi IPS 2 . Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial.
Oemar, Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar . Bandung. Bumi Aksara.
Susanto .2013. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya . .2008 :Cet,12 h.22.
Sudirman,(2011). Studi Tentang Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelaran IPA Di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Parang Pariaman. Jurnal Pendidikan 21(1)11-18
Suuhartono.2018. Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah.8(1),30-32
Sudarman.2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Raja Grasindo Persada.