PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA TIDORE KEPULAUAN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA TIDORE KEPULAUAN

  • Nursia Batlawi Ermin Ermin ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: PjBL, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Abstark: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Bassed learning(PjBL) dapat menigkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VIII A SMP Negri 13 Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berdasarkan pada model penelitian tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13  Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 selama 2 bulan dari bulan Februari sampai dengan April 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A semester genap di SMP Negri 13 Tidore kepulauan yang berjumblah 20 orang. Penelitian ini dilakukan bersiklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentu Essay. Teknik analisis data data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah jawaban siswa atas penyelesaian soal-soal yang diberikan pada ahir setiap siklus, hasil observasi, dan catatan lapangan mengenai kegiatan selama pembelajaran. Data hasil kemampuan Berpikir Kritis siswa diperoleh dari tes yang dilakukan pada ahir tiap siklus, peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa selama kegiatan pmbelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan membandingkan rata-rata tes yang diperoleh pada masing-masing siklus. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode project based learning (PjBL) pada siswa kelas VIII A SMP Negri 13 Tidore Kepulauan, dapat meningkatkan  kemempuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata presentasesi klus I 62,25% siklus II 82,75%. Dengan demikian dapat dikat akan bahwa penggunaan model project based learning (PjBl) dapat meningkat kan kemampuan berpikir kritis sehingga dikatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

nnis Hasoubah: (1985 dalam Casta 1985) dalm Goals for a Critical Thinking Curiulun, berpikir kritis meliputi karkter (disposition) dan keterampilan (ability).

Febriyanti 2012 dan kurniawati 2016 peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis:https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Haerullah et all. 2019. Lesson Learnt of the Lesson Study for Learning Community as the Learning Innovation in the 21st Century for Student. The 2nd Interntional Comverence on Science, Matemathics, Environment, and Education. AIP Conf. proc. 294, 020034-5; https://doi.org/10.1063/1.5139766 Publihed by AIP Publishing 978-0-7354-1945-2

Hidayat 2012 Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP:http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel.

Hidayat Defenisi berpikir kritis: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 7, No 1, Mei 2016 (http://Journal.unj ac.id, diakse 23 April 2018.

Johson Yumi: Jurnal Elektronik Pembelajaran Vol.2, No.9, hal 899-910, November 2014 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/

Mulyasa 2014 : Projet Based Learning peserta didik pada permasalahan kompleks.

Marzah A., Adnan F ., Fitria Y ., Montesori M. 2019 Pengaruh Model Projet Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kerjasama Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu. 3(2): 1-23.

Nur, M 2013: Pendidikan dan latihan pembelajaran inofatif dan pengembangan perangkat pembelajaran katrakter.

Purnomo A E dan Mawarsari D V. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui model Pembelajaran Ideal Problem Solving berbasis project Based Learning .1 (1):26-35.

Wahyudin at el: https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/design-thinking-2/

Solihin et al krateristik kemampuan berpikir kritis: jurnal pendidikan, VOL 1, NO. 2 TAHUN 2018.

Yuni Berpikir kritis:https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/design-thinking-2/

Zaini Muhammad 2014, Konsep-konsep biologi dan keterampilan berpikir dalam pembelajaran: Jurnal landasan, jurnal ilmiah pendidikan, dalam masyarakat

Published
2023-12-20