Penggembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Tumbuhan Paku (pteridophyta) terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas VII SMP Islam 2 Kastela
Abstract
Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung terus meningkat pada setiap pertemuan untuk mengerjakan lembar kerja peserta didik(LKPD). Hal ini sejalan dengan pendapat Sudarmini et,al, (2015) bahwa peran guru sangat penting untuk dapat mendorong dan menumbuhkan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar yang mendukung yaitu lembar kerja peserta didik(LKPD), Untuk itu guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran dengan mengadakan pengamatan jenis tumbuhan di sekitar lingkungan, dengan bantuan lembar kerja peserta didik(LKPD) yang telah dikembangkan, sehingga peserta didik dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Pembelajaran guru harus mampu memahami karakter peserta didik dalam pembuatan teknik pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik lebih mudah dalam memahami konsep yang dipelajari dengan mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini menggunakan LKPD yang memuat tentang tumbuhan paku (pteridophyta) yang uji coba dari tiga ahli yaitu ahli bahsa, ahli media dan ahli materi untuk mendapatkan hasil kelayakan media pembelajaran berbasis LKPD selanjutnya di ujicobakan terhadap peserta didik di sekolah SMP Islam 2 Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran lembar kerja peserta didik (LKPD) pada tumbuhan paku (pteridophyta) ini telah dinilai oleh 3 ahli ujicoba kelompok di peroleh nilai 75,716 (sangat baik) serta terdapat pengaruh media pembelajaran lembar kerja peserta didik (LKPD) Pada tumbuhan paku (pteridophyta) terhadap penguasaan konsep peserta didik kelas VII SMP Islam 2 Kastela dimana hasil uji anava menunjukan nilai signifikasi (0,049≤0,05)
Downloads
References
Alvianita rambu padu leba (2021) pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi biologi berbasis inkuirir terbimbing untuk siswa SMA kelas Xsemester 2
Daryanto,D., &Dwicahyono. (2014).pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta:gava media.
Fanny Khairul putri apertha,zulkardi ,Muhammad yusup (2018) pengembangan LKPD berbasis open-ended problem pada materi segi empat kelas VII, Vol 12,No 2, juli 2018,pp,47-62,ISSN 1978-0044 E-ISSN 2549-1040 juenal pendidikan matematika.
Fregrace meissy pernawijaya. 2019.pengaruh disiplin kerja dan fasilitas kerja terhadap kinerja kariyawan pada kedai 27 disurabaya. Vol 7, No 1,(2019).diakses pada tanggal 6 november 2022
Hamida ,nur, sri haryani ,dan sri wardani .(2018) efektifitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkurir terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa .jutnal inovatif pendidik kimia 12(2):2212-2223.
Isnani dan nuraida D,(2020) faliditas modul biologi kelas VII berbasis problem solving pada mareri pencemaran lingkungan.SNasPPM ,5 (2),215-256.
Laili fitri yeni, titin,(2021), pengembangan LKPD berbasis multi media interaktif pada materi kingdom monera Vol.3, No.1, maret 2021,pp. 09-17 ISSN 2623-2243 (print),2623-1476 (online).
Juwita ,ratna,arinka putri utami,palupi sri wijayanti.(2019) pengembangan LKS berbasis open -ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa .prima :jurnal Pendidikan matematis .3 (1):35-43 p-issn:2579-9827,e-issn:2580-2216.
Jowita ,V, N (2017) pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) mengunakan problem based learning pada tema 4 sehat itu penting sebtema 3 lingkungan sehat dikelas .peosiding seminar dan diskusi nasional pendidikan dasar 2018.284.
Prianoto, A. D., Gulo, F., & Effendi.(2017).pengembangan lembar kerja peserta didik(LKPD)interaktif kimia untuk pembelajaran struktur atom di kelas X SMA jurnal penilitian Pendidikan kimia, 4(2),88-96.
Setiawan,wisanti, dan ulfi. (2014) penilitian pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains.
Sudarmin, kosim, dan Santoso h. (2015). Pembelajaran fisika berbasis keterampilan proses dengan mengunakan LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari sikap ilmiah, jurnal penilitian IPA.
Selly fransisca, ramalia noratama putri.(2019).pemanfaatan teknologi RFID untuk pengelolaan invertaris sekolah dengan metode (R&D). Vol.1 No.1 tahun 2019 hal 72-75.diakses pada tanggal 6 november 2022
Viktor Handrianus pranatawijaya, widiatry,ressa priskila, putu bagus adidyan anugra putra.2019.pengembangan aplikasi kuesioner survey berbasis web mengunakan skala likert dan guttman. ISSN:2460-173X. Vol 5,No 2, November 2019.diakses pada tanggal 6 november 2022 melalui
Yohanes B. temata, oktavius Y.T mogo (2021) pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses pada materi klarifikasi tumbuhan berbasis keterampilan proses sains siswa klas x smas katolik st. Gabriel maumere Vol.11 No. 2 desember 2021/ ISSN :2088-0294