Penerapan model pembelajaran Koperatif Think Paer Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate
Abstract
Pendidikan dipercaya sebagai usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya. Dengan pendidikan maka sebagai seorang individu yang tidak berdaya pada saat permulaan kehidupan mampu menjadi suatu pribadi yang berdiri sendiri (mandiri) dan sebagai warga Negara atau masyarakat. Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai kebehasilan dalam perkembangan anak..Tujuan pendidikan adalah perubahan perilaku yang dinginkan terjadi setelah siswa belajar.. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), guna mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa. Hasil belajar siswa sebelum diberi pembelajaran dengan menggunakan model TPS menunjukan 20 siswa kelas VII, 10 siswa mendaptkan nilai dibawah 60, dan 10 siswa mendapatkan nilai diatas 60. Secara keseluruhan rata-rata kelas 54 . Data hasil penelitian masih kurang memuaskan., pada siklus I hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model TPS menunjukan dari 20 siswa kelas VII, 9 siswa mendapatkan nilai dibawah 60, dan 11 siswa mendapatkan nilai diatas 60. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 56,25 data hasil penelitian pada siklus ini belum memuaskan, data hasil penelitian pada siklus ini belum memuaskan, pada siklus II hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model TPS menunjukan dari 20 siswa kelas VII, 20 siswa mendapatkan nilai diatas 60. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 76.
Downloads
References
Arsyad, azhar. 2010. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Arifin, Z. 1991. Evaluasi Instruksional, Prinsip Teknik Prosedur, Remaja Rosdakarya. Jakarta.
Aryana, A. 2004. Pengembangan Model Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Siswa Sekolah Menengah Pada Pelajaran Ekosistemm. Disertasi Tidak di Terbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Corebima, A.D,dkk. 2002. Pemberdayaan Penalaran Pada PBM IPA Biologi di SMP Untuk Menun jang Perkembangan Penalaran Formal Mahasiswa di Jenjang Perguruan Tinggi. Malang: Lemilit UM.
Corebima, A.D,dkk. 2001. Proses dan Hasil Pembelajaran MIPA di SD, SLTP, dan SMU: Perekembangan Siswa Tidak di Kelola Secara Terencana (Studi Kasus di Malang, Yogyakarta dan Bandung). Makalah di sajikan dalam seminar sehari IMSTEP Project: Meningkatkan Kualitas Pendidikan MIPA untuk Menghadapi Masa Depan, IKIP Bandung
Dahar, Willis R., 2002. Teori-Teori Belajar. Penerbit Erlangga. Bandung. Dimyati dan Mujiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta. Jakarta. Hamalik, O. 2002. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar, Tarsito. Bandung.
Leiwakabesy, F. dan Hasan, S. 2002. Pengantar Metodologi Penelitian. Penerbit Universitas Negeri Malang. Malang.
Lie, A.2008. Coopertive Learning: memperaktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: P.T Gramedia.
Margono, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta. Jakarta.
Muhammad, A. 2004. Pedoman Pembelajaran Tuntas, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sudiyono, A. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan, Raja Grafindo Persada. Jakarta
Syah, M., 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya. Bandung.
Suryasubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta Jakarta.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and PracticeLondon: Allymand Bacon.