PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TUMBUHAN TINGKAT TINGGI (SPERMATOPHYTA) BERBASIS TUMBUHAN LOKAL UNTUK MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 KOTA TERNATE
Abstract
belajar adalah suatu proses ilmiah yang dimulai dengan menyesuaikan dan mengorganisasikan linkungan sekitar siswa agar lingkungan tersebut dapat tumbuh dan mendorong siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah bahan ajar yang berisi materi, rangkuman , dan petunjuk tentang tugas-tugas pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang dapat dicapai. Metodologi penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R dan D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Prosedur penelitian pengembangan pada dasarnya terdiri dari dua tujuan yaitu: 1) Mengembangkan produk, dan 2) Menguji keefektifan produk dalam mencapai tujuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kota Ternate. Hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menggunakan metode tes yang meliputi soal pretest dan posttest dengan materi LKPD pada kelas VIIIa sebagai kelas control dan kelas VIIIb sebagai kelas media. Hasil tes uji prasyarat yakni uji normalitas pretest dan posttest menunjukan data berdistrubusi normal dengan nilai signifikan lebih dari 0,05 (sig≥0,005). Dengan kelayakan video pembelajaran ini telah dinilai oleh 3 ahli uji coba kelompok di peroleh nilai 31,305 (sangat baik). terhadap pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Ternate dimana hasil uji anova nilai signifikansi 102≤ 0,05. maka hal ini menunjukan kemampuan akhir peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Ternate berpengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran.
Downloads
References
Hasanuddin. (2006). Tumbuhan Tingkat Tinggi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Press. (Volume 3, Nomor 2 Tahun 2020).
Jowita, V., N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 4 Sehat Itu Penting Sebtema 3 Lingkungan Sehat Di Kelas V Sd Negeri 55/I Sridadi. 1–10. (Vol. 4 No. 1, Tahun 2021).
Larasati Zahro, U., Serevina, V., & Made Astra, I. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1). Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/4906. (Volume. 02 Nomor. 1 Tahun 2019).
Nuryani, R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: (Vol. 10 No. 2 Tahun 2021).
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Mtivasi Be lajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939 (Vol. 4 No. 1, Tahun 2021).
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 (Vol. 4 No. 1, Tahun 2021).
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press. (Vol. 10 No. 2 Tahun 2021).
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027 (Vol. 4 No. 1, Tahun 2021 ).
Rusmono (2017). Hasil Belajar. Bandung:Alfabeta Jurnal Inovasi Penelitian vol. 1 No. 6 Tahun 2020.
Sastria, E. & Novi N. (2018). Buku Ajar Botani Phanerogamae. Padang: IAIN Kerinci Press. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi (Volume 3, Nomor 2, Tahun 2020).
Shymansky, J. 1992. “Using Construktivist Ideas to Teach Science Teachers abaout Construktivist Ideas, or Teachers Ar Stude nts Too!” Dalam Journal of Science Teacher Education 3 (2),53-57. (Vol. 10 No. 2 Tahun 2021).
Sudjana, Nana. (2004). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.Jurnal kreatif Tadulako Onlne Vol. 4 No. 10 ISSN 2354-614X.
Suraya, U. (2019). Inventarisasi dan Identifikasi Tumbuhan Air di Danau Hanjalutung Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Pertanian dan Kehutanan, 6(2), 149-159. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi (Volume 3, Nomor 2, Tahun 2020).
Syabani, P., Darmawati, & Febrita, E. (2018). Development Of Students Worksheet Based On Contracttivism Approach To Material Changes And Conservation Of Living Environment For Learning Biology Tenth Grade Senior High School. Jurnal Online Mahasiswa, 5(1). (Volume. 02 Nomor. 1 Tahun 2019).
Tjitrosoepomo, Gembong, (2010). Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. (Volume 3, Nomor 2 Tahun 2020).
Wasilah, U., Dian A.G, & Mukhamad S. (2019). Peran Chaperone pada Tumbuhan: Mini Review. Jurnal Biologi Papua, 11(2), 110-115. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi (Volume 3, Nomor 2, Tahun 2020).
Wulandari dan Muhammad Hidayat.2021. Pengembangan video pembelajaran berbasis kontektual pada tumbuhan mangrove di Sofifi kota Tidore Kepulauan Maluku Utara terhadap hasil belajat peserta didik. Jurnal JBES. Vol 1 no 1. ISSN: 2808-019X.