Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Benda Padat Dan Cair Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievent Divison (Stad) Siswa Kelas III SD Negeri 45 Halmahera Selatan

  • Ernawati Muhtar STKIP Kie Raha
Keywords: Model STAD, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Pendidikan dipercaya sebagai usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya. Dengan pendidikan maka sebagai seorang individu yang tidak berdaya pada saat permulaan kehidupan mampu menjadi suatu pribadi yang berdiri sendiri (mandiri) dan sebagai warga Negara atau masyarakat. Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai kebehasilan dalam perkembangan anak.Jika hal ini dibiarkan maka siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami  materi dan motivasi dalam diri siswa untuk belajar lambat laun akan menurun. Dari pendapat di atas menunjukkan bahwa media gambar memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, salah satu media gambar yang sangat cocok dengan karakter siswa khususnya siswa kelas IV yaitu model STAD hal ini karena siswa pada tahap ini masih dalam tahap operasional kongrit dimana siswa belum bisa memberikan penalaran yang luas terhadap materi IPA.

 

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), guna mengetahui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Konsep Benda Padat dan Cair Siswa Kelas III SD Negeri 45 Halmahera Selatan

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa sebelum diberi pembelajaran dengan menggunakan model STAD menunjukan 20 siswa kelas III, 12 siswa mendaptkan nilai dibawah 60, dan 8 siswa mendapatkan nilai diatas 60. Secara keseluruhan rata-rata kelas 60,50. Data hasil penelitian masih kurang memuaskan, pada siklus I hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model STAD menunjukan dari 20 siswa kelas II, 8 siswa mendapatkan nilai dibawah 60, dan 12 siswa mendapatkan nilai diatas 60. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 60,50, data hasil penelitian pada siklus ini belum memuaskan, pada siklus II hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan model STAD menunjukan dari 20 siswa kelas II, 2 siswa medapatkan nilai dibawah 60, dan 18 siswa mendapatkan nilai diatas 60. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 85,5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Abu da Supriyono,2004. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto, S. 1992. Prosedur Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta.
Anderson & Krathol, 2001. Learning To Teach. Seven Edition. New York: McGraw Hill Company.
Arsyad, azhar. 2010. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Arifin, Z. 1991. Evaluasi Instruksional, Prinsip Teknik Prosedur, Remaja Rosdakarya. Jakarta.
Aryana, A. 2004. Pengembangan Model Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Siswa Sekolah Menengah Pada Pelajaran Ekosistemm. Disertasi Tidak di Terbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Bloom, 1997), Overview. Theory in to Practicies,
Crombak, Djamrah, 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Cherif, A.1993. Relevant Inquri, Six Question to Guide Your Student. The Science Teacher,3 (2): 26-27.
Cooper, M. 1995. Cooperative Learning Type STAD an Approach For Large Enrollment Courrses. Journal Chemical Education, 4 (3): 287-302.
Corebima, A.D.2010.a. Berdayakan keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran demi Massa Depan Kita. Makalah disajikan dalam seminar Nasional Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia, Prodi Pendidikan Sains PPS Unesa, Surabaya, 16 Januari.
Dahar, Willis R., 2002. Teori-Teori Belajar. Penerbit Erlangga. Bandung.
Dimyati dan Mujiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta. Jakarta.
Fong, H.F.2007. Exploring The effectiveness of Cooperative Learning as a Teaching and Learning Strategy in The Phisics Classroom.
Proceedings of The Redesigning Pedagogy: Culture, knowledge, and understanding, Singapore, 28-30 Mei.
Published
2022-03-02