Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumberad Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Kabupaten Halmahera Tengah
Abstract
Pembelajaran kooperatif memiliki sejumlah manfaat yang terbilang cukup besar dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran.Hal ini dikarenakan, dalam kegiatan pembelajaran kooperatif siswa dituntut untuk aktif dalam belajar melalui kegiatan kerjasama dalam kelompok. Dalam pelaksanaan konsep pembelajaran kooperatif, memiliki keunggulan yang terdapat didalamnya yaitu: optimalnya kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif melalui dukungan guru dan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran Numbered Heads togerther (NHT) di anrtikan sebagai sebuah model pembelajaran yang di mengutamakan adanya aktifitas para siswa dalam mencari dan mengelola serta melaporkan informasi yang di peroleh dari berbagai macam sumber yang pada ahkinya siswa memprensentasikannya di depan kelas. Begitupun hal dengan kenggulan yang dimiliki oleh model pembelajaran kooperatif dari pada model lainnya, yakni model pembelajaran kooperatif dapat memberikan waktu serta keleluasaan bagi para peserta didik dalam upaya mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Karena dalam konsep pembelajaran kooperatif, peserta didik dituntut untuk dapat lebih kreatif dan inovatif yakni mengembangkan diri melalui berkolaborasi dengan kelompok sehingga terciptanya kualitas pendidikan yang efektif juga efisien. Keefektifan model pembelajaran kooperatif di pandukan dengan model pembelajaran tipe (NHT) ,karena model pembelajaran NHT merupakan bagian bagian dari model pembelajaran kooperatif yang memberi penakanan pada struktur struktur khusus di rancam dengan tujuan mempengaruhi pola intreaksi siswaBerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model NHT terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 8 Kabupaten Halmahera Tengah dimana berdasarkan hasil uji anava posstest diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,027 ≤ 0,05
Downloads
References
Arends.I.Richrd.. 2017. Strategibelajar dengancara kooperatifbidang studi IPS.Makalah.Diambil tanggal 24 April2021.
Carter, J.S. 2017 .Whatismathematic.Artikel.Diambil tanggal 24 April 2022.
Countryman, J. 2019.Writing to learn biologis.United Stated of Amerika :Heinemann Educational Books
Carol. 2018. Effective teaching.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Cambel dan stanlly . 2017. Tekhnik penyusunan instrumen tes dan nontes.Yogyakarta : Mitra Cendikia Offset.
Etin Solihatin & Raharjo. 2017. Cooperative learning: analisis model pembelajaran IPS.Jakarta : Bumi Aksara.
Fadjar Shadiq. 2014. Matematika mengapa penting.Yogyakarta : Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK).
Guy R. 2015. Psycologi for teaching. United States of America.
Hudoyono.2018. Constructivist learning theory. Diambil pada tanggal 20 Mei 2022.
Jonhson dn Johnson .2014. Foundations of behavioral research.Australia : Nelson Thomson Learning.
Lie, Anita.2019. Mempraktikkancooperatiflearning.Jakarta:PT. Grasindo Widiasarana Indonesia.
Kirk, J.P., & Chairma, Jr. 2019..Understandingend-of-gradetesting;achievementlevel.Jurnal. Diambil tanggal 21 April 2021,
Kirk Swortzel. 2017. The effects of cooperative learning methods on achievement, retention, and attitudes of home economics students in north Carolina. Jurnal. Diambil tanggal 30 April 2021,
Ruseffendi. 2016. Pendidikan biologi .Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sadiman, Rahardjo, Haryono, & Rahardjito. 2016. Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin,R.E.2016.Coopertif learning:theory,research,practice.Boston:Allyn and Bacon.
Suprijono.2018. Cooperatif learning (Terjmahan Nurulita Yusron).Bandung : Nusa Media.
Sugihartono. 2017. Inovasi pembelajaran matematika SD. Jakarta : Depdiknas.
Suprijono.2014. Statistik untuk penelitian.Bandung : Alfabeta.
Trimo & Rusantuningsih.2018.Meningkatkan hasil belajar IPS melalui kolaborasi metode quantum teaching dan snowball throwing.Artikel.Diambil tanggal 22 April 2021,
Wina Sanjaya.2016. Strateg ipembelajaran.Jakarta: kencana PranadaMedia Group.