Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 12 Kabupaten Halmahera Selatan
Abstract
Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) sangat memudahkan guru dalam melakukan pengukuran dalam hasil belajar dimana guru akan lebih cepat dapat mengetahui perkembangan pemahaman peserta didik dari konsep yang dipelajari melalui kegiatan presentasi oleh siswa dengan jawaban-jawaban yang disampaikan oleh setiap siswa dan siswa yang pasif akan nampak dengan ruang gerak siswa dalam proses pembelajran masih terbatas dalam mengeksplorasi pengetahuannya. Pelaksanaan model embelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SMP Negeri 12 Kabupaten Halmahera Selatan memiliki sejumlah manfaat yang terbilang cukup besar dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran siswa dituntut untuk aktif dalam belajar melalui kegiatan kerjasama dalam kelompok membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) memiliki keunggulan yang terdapat didalamnya yaitu optimalnya kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif melalui dukungan guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembejaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 12 Kabupaten Halmahera Selatan dimana berdasarkan hasil uji anava posstest diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,019 ≤ 0,05
Downloads
References
Arends.I.Richrd.. 2017. Strategibelajar dengancara kooperatifbidang studiIPS.Makalah.Diambiltanggal24Januari 2021.http://media.diknas.go.id/media/document/5672.pdf..
Carol. 2018. Effective teaching.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Cambel dan stanlly .2017.Tekhnik penyusunan instrumen tes dan nontes.Yogyakarta : Mitra Cendikia Offset.
Fadjar. 2014. Matematika mengapa penting.Yogyakarta :Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan TenagaKependidikan (PPPPTK).
Hudoyono.2018. Constructivist learning theory. Diambil pada tanggal 20 Januari 2022, dari http://www.exploratorium.edu/ifi/resources/constructivistlearning.html.
Jonhson dn Johnson .2014. Foundations of behavioral research.Australia : Nelson Thomson Learning.
Lie, Anita.2019. Mempraktikkan cooperatiflearning.Jakarta:PT. GrasindoWidiasarana Indonesia.
Ruseffendi. 2016. Pendidikan biologi .Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sadiman,Rahardjo,Haryono,& Rahardjito. 2016. Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin,R.E.2016.Coopertiflearning:theory,research,practice.Boston:Allynand Bacon.
Suprijono.2018. Cooperatif learning (Terjmahan Nurulita Yusron).Bandung : Nusa Media.
Wina Sanjaya.2016. Strategi pembelajaran.Jakarta: kencana Pranada MediaGroup.