Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pada Materi Ekosistem Darat Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate

  • Erniyati Noho STKIP Kie Raha
  • Jena Andres STKIP Kie Raha
Keywords: pengembangan, Video Pembelajaran, Biologi

Abstract

Era revolusi 4.0 merupakan era dimana hampir semua dikendalikan oleh teknologi termasuk dalam dunia Pendidikan. Dampak dari era revolusi indutri 4.0 dalam dunia Pendidikan adalah terbukti semakin banyak media pembelajaran berbasis teknologi yang memudahkan pengajar menyampaikan materi bahkan tidak harus dengan tatap muka. Media pembelajaran merupakan unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dalam memperkaya wawasan siswa, dengan berbagai jenis media pembelajaran oleh guru maka dapat menjadi bahan dalam memberikan ilmu pengetahuan pada siswa.Peluang penerapan media animasi pada proses pembelajaran dirasa lebih interaktif karena media tersebut akan menampilkan gambar yang dapat bergerak dan menimbulkan suara yang menjelaskan gambar tersebut. Sehingga pembelajran denga media animasi tidak hanya terfokus pada satu indra namun, akan melibatkan indra penhlihatan dan indra pendengaran secara bersamaan, semakin banya indra yang berperan dalam pembelajaran maka peserta didik semakin mudah mengingat da memahami materi. Dari penelitian di atas hasil dari validitas dan kelayakan media pembelajaran yang telah dinilai oleh tiga ahli dan uji cobah produk kecil pada mahasiswa maka dapat disimpulkam bahwa media telah dibuat, menunjukan nilai rata-rata akhir produk 4,055 ( sangat baik ) dan dinyatakan telah layak untuk digunakan pada tahap selanjutnya yaitu untuk paparkan di tempat penelitian (sekolah)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahwan.s. (2017). Online Learning: A panacea in the time of covid-19 crisis. journal educational tochnology systes., 5-22. Diakses pada 14 juni 2022.
Ghizali (2016) Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM spss 23. semarang: BPTE Universitas dipenegoro. diakses pada 19 juli 2022.
Jayawarda, H. (2017). Pradigma pembelajaran biologi di era digital. jurnal bioedukatika., 12-1. Diakses pada 24 juni 2022
Nugraha, J. (2020). 6 jenis media pembeajaran besera contoh dan mafaatnya.Dari m. merdeka. com.: https:// M.merdea.com / jateng /6-jenis-media-pembelajaran-beserta-contoh-dan-manfaatnya-kin.htmi. Diakses pada 26 juni 2022
Nurrita, T. (2018). pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. volume 03, nomor 01, juni 2018, 171. Diakses pada 23 Mei 2022
Prastiti, M. R. (2020). Media pembelajaran berteknologi digital. Retrieved from Pene. Belaja. Kemdkbud. go. id.: http:// pena. belajar. kemdkbud. go. id./ 2020/ 09/ media- pembelajaran-berteknologi-digital. Diakses pada 26 Mei 2022.
Riski sangaji. (2019). Meningkatkan hasil belajar IPA Biologi Menggunakan media pembelajaran Audio Visual pada siswa kelas VIIB MTs. MUHAMMDIYAH 1 Kota Sorong. ISSN: 2406-8233; EISSN; 2406-8241 Volume 6 No 1. Diakses pada 5 Juli 2022.
Ruang Guru (2021, ). Pengerian media pembelajaran, 2021, dari ruangguruku.com: https:// ruangguruk com. /pengertian- media-pembelajaran
Salsabila Tasyari dan dkk. (2019). Identifikasi media pembelajaran pada materi biologi dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dimasa pandemi covid-19 . pendidikan biologi, 1-8. Diakses pada 14 juni 2022.
selly Fransisca", R. N. (2019). pemanfaatan teknologi frid untuk pengelolaan inventaris sekolah dengan metode (R&D). vol. 1 no. 1 Thn 2019 hal, 72-75, 72-75. Diakses pada 13 Mei 2022
Solikhatum et.al.(2015). Pengaruh penerapan Reality Based Learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal pendidikan biologi. Volume 7 Nomor 3. Diakses pada 24 Maret 2022
Sugiarti, R. T. (2019). Media pembelajaran di era revolusi 4.0 kelompok 1A. From www.acedemia.edu.: https:// www.academia.edu / 41116605/ media-pembelajaran-di-era-revolusi-4.0-kelompok-1A. Diakses pada 14 April 2022
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. komunikasi pendidikan, 105-106. Diakses pada 14 April 2022
Viktor handrianus pranarawijaya, Widiatry, Ressa Priskila, Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. (2019). pengembangan aplikasi kuesioner survey berbasis web meggunakan skala likert dan gusttman. ISSN: 2460-173X. Volume 5 Nomor 2. November 2019., 2. Diakses 23 April 2022.
Published
2022-10-27