Penerapan Model Pembelajaran Inkuri Terhadap Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmia Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa

  • Sartiti Abadi STKIP Kie Raha
  • Ningsi Arman STKIP Kie Raha
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Minat Belajar, Penguasaan Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung ( direct instruction), pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar biologi siswa terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa, perbedaan penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran langsung, pada siswa yang  minat belajarnya tinggi, perbedaan penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mengikuti  pembelajaran langsung, pada siswa yang  minat belajarnya rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebelum melakukan tindakan, setelah melakukan tindakan pada siklu I belum baik dan dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II suda terjadi peningkatan yang signifikan sehingga bisa dikategorikan tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Amien, Moh. 1979. Apakah Metode Discovery-Inquiry Itu?. Depdikbud
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach. Seven Edition. New York. McGraw-Hill Companies, Inc.
Azwar, Saifuddin. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Campbell, Donald T. dan Julian C. Stanley. 1963. Eksperimental and QuasiEksperimental Design for Research. Chicago: Rand Mc. Nally College Publising Company
Candiasa, I Made. 2007. Statistik Multivariat. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Bloom, B.S. 1971. Taxonomy of Education Objectives The Classification of Educational Gools. Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longman Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Dimyati dan Mudjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, H. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta. Penerbit Grasindo.
Hamalik, Oemar.1989. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju
Harun,R. dan Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wahana Prima.
Hurlock,E. 1994. Child Development. Singapore: McGraw-Hill.
Joyce,B. dan Weil, M. 1996. Model Of Teaching. Fifth Edition. Boston. Allyn and Bacon.
Kardi,S. & Weil,M.1986. Pengajaran Langsung. Surabaya : Unesa University Press.
Lawson,A.E. 2000. Managing the Inquiry Classroom: Problem and Solutions. The American Biology Teacher. Volume 62. No.9: 641-648
Published
2022-06-19