Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profesionalisme guru sebagai pendidik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan bagipesertadidikbeserta upaya dalam meningkatkan profesionalisme tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur berbasis referensi yang relevan dengan topik permasalahan yang di bahasdalampendidikan. Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) indikator keberhasilan guru yang profesional dapat dilihat dari kualitas proses maupun dapatmenguasaihasil belajar daripeserta didik yang merupakan tanggung jawab dariseorang guru; 2) guru harus menguasai kompetensi keguruan; dan 3) terdapat berbagai upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Downloads
References
http://eprints.walisongo.ac.id/7660/1/1503016163.pdf), diakses 6 April 2019
Fitriana, L. R. 2014. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Skripsi diterbitkan. (Online). http://eprints.ums.ac.id/28556/11/02.NASKAHPUBLIKASI.pdf), diakses 6 April 2019.
Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik.
Bandung: Alfabeta. Nurlaila. 2013. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta’dib, 18(2), 260-269.
Praharani, N. S. 2016. Profesionalisme Guru dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. (Online).
(http://nonisasmita.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/15322/2017/10/profesionalisme-guru-dalam-upayapeningkatan-kualitas-pendidikan.pdf), diakses 20 April 2019.
Putri, A. D. K., dan Imaniyati, N. 2017. Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 94-103.
Wardani, I. G. A. K. 2012. Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru: Kajian Konseptual dan Operasional. Jurnal Pendidikan, 13(1), 32-44.
Yunus. 2016. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Lentara Pendidikan, 19(1), 112-128. Yusutria. 2017. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38-46.
Zukhaira, dan Purnama, R. 2013. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Rekayasa, 11(1), 67-74.