Profesi Kependidikan Guru Biologi di SMA Negeri 3 Kota Ternate

  • Sutni Sari Lawer STKIP Kie Raha
  • Yurna Buabes STKIP Kie Raha
  • Fitriyani Anwar STKIP Kie Raha
Keywords: Profesi Kependidikan Guru, Guru Biologi, Guru Biologi SMA

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia belum seperti yang diharapkan.  dalam Musfah (2011), selain masih kurangnya sarana dan fasilitas belajar, faktor guru juga sebagai penyebabnya. Pertama, guru belum bekerja dengan sungguh-sungguh,keduakemampuan profesional guru masih kurang terutama karena rendahnya kualifikasi pendidikan guru dan kompetensi guru, serta rendahnya komitmen dan motivasi guru dalam  meraih pendidikan yang lebih tinggi dan profesional.Guru dapat digolongkan sebagai sebuah profesi, sebab menjadi guru dituntut memiliki keahlian yang di mana akan di dapatkan melalui pendidikan dan latihan. Profesi guru juga memiliki jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh seseorang yang belum pernah melakuakan pemahaman yang beasar.Guru biologi menghadapi banyak tantangan dalam proses pembelajaran, tantangan tersebut berasal dari perkembangan teknologi digital dibidang informasi dan komunikasi yang memberi dampak pada teknologi pembelajaran dan perubahan karakter peserta didik dalam belajar. Untuk membahas tantangan guru dalam proses pembelajaran biologi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhada El Hasana 2021 “Profesi Keguruan Sebagai Guru Indonesia”Vol 1 No 2 (2021)
Ardiyansyahrachamayani@ Yahoo.Com 2013 “Analisisn Kompetensi Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Dikota Ternate”Vol 14,No 1,April2013
Dharma, Surya, Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Iewani¹,Irawanto²,2019 “Profil Karakteristik Dan Kompetensi Guru Biologi Sma Negri 1 Bajodi Era Revolusi Industry 4.0 Fakultas Keguruaan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol.14,No.2 Juli 2019
file:///C:/Users/PUNYAKU/Downloads/6138-14332-1-SM%20(1).pdf

Jahidin¹ Bahtiar² “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Biologi Sma Melalui Pendekatan Pelatihan Pendalaman Materi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari 2)Pengajarbiologi SMA Negeri 1 Kendari SulawesiTenggara
Https://Www.Neliti.Com/Id/Publications/175413/Pengembangan-Kompetensi-Profesional-Guru-Biologi-Sma-Melalui-Pendekatan-Pelatihan
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT.Rajagrafindo Pereda.
Muhtar Yusuf¹ Ruslan²,2014 “Pengaruh Kompetensi Professional Guru Biologi Yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Se-Kota Ternate Vol 3 No,1 September 2014
File:///C:Users/Punyaku/Downloads/66-148-1-Pb%20(2).Fdf

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru : Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta : Prenada Media Group
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT.Rajagrafindo Pereda.
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Published
2022-06-17