Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Ternate

  • Sukmawati Iksan STKIP Kie Raha
  • Anisa Teapon STKIP Kie Raha
  • Nursela Do Umar STKIP Kie Raha
Keywords: Keterampilan Dasar mengajar, Guru Sekolah Menengah Pertama, Biologi

Abstract

Pendidikan dikatakan ilmu pendidikan atau pedagogi merupakan disiplin ilmu yang terkait dengan proses pemeradaban, pemberbudayaan, dan pendewasaan manusia. Membangun hubungan antar manusia dengan manusia yang lain .Pendidikan dikatakan ilmu pendidikan atau pedagogi merupakan disiplin ilmu yang terkait dengan proses pemeradaban, pemberbudayaan, dan pendewasaan manusia. Membangun hubungan antar manusia dengan manusia yang lain .di Indonesia  usia SMP adalah umur 13 tahun, walau untuk beberapa sekolah bisa saja umur 12 tahun. Selama tiga tahun ke depan, mereka akan resmi menjadi Siswa Menengah Pertama. Rentang usia siswa SMP tergolong ke dalam usia remaja awal. Sebetulnya, proses perubahan ke fase remaja awal ini sudah mulai dari usia 10 tahun, yaitu ketika anak-anak masih di SD. Namun, ada kemungkinan perubahannya belum terlalu signifikan. Pada masa-masa remaja awal dimana pada masa ini anak-anak memiliki rasa ingin tau dan rasa ingin mencoba-coba sesuatu baik negative maupun  positif. guru memberikan arahan yang berupa saran atau pertanyaan, danmembuat simpulan dari hasil diskusi kelompok untukDalam keterampilan memberikan penguatan, keterampilan yang dikuasai guru adalah menggunakan penguatan nonverbal dengan menganggukkan kepala, memberikan senyuman terhadap respon positif siswa, dan memberikan token (simbol atau benda kecil).Keterampilanyang belum dikuasai adalah memberikan penguatan verbal dengan memberikan kata-kata/ kalimat yang berupa  pujian, atau penghargaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina Mulyana. 2016.” Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Keterampilan Mengajar”
https://aina mulyana.blogspot.com/2016/01/diakses tanggal 1 mei 2018
Arqan Madjib 2019 “Kompetensi Professional Guru Keterampilan Dasar Mengajar” IAIN pare-pare jurnal perguruan: conference series volume 1, No. 1 Mei 2019
https://core.ac.uk/download/pdf/228642182.pdf
Dini Kristiana Dan A.Muhibbin. 2018.”Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp” Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Volume. 13 No.2 Desember 2018:204-209
https://journal.ums.ac.id/index.php./jump/article/download/7488/4301
Normina. 2017.”Pendidikan Dalam Kebudayaan” Sekolah Tinggi Agama Islamal-Washiyah Barabai Kalimantan Selatan. Volume.15 No.2 28 Oktober 2017
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/download/1930/1448
Nuraisa. 2019.”Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Di Smp Muhammadiyah Soni Dampal Selatan” Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Dampal Selatan Jl.Drs.Husain Laewang No.3 Soni Dampal Selatran. Jurnal Of Pedagogy Volume. 1 No.1 2019:253-261
https://media.neliti.com/media/publication/322115-penerapan-keterampilan-dasar mengajar-gu-713740f.d.pdf
Siti Dewi Maharani. 2016.”Strategi Pembelajaran Think Taye Warited Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Inovasi Sekolah Dasar Volume.3 No.1:40-47 Palembang Universitas
Sophuan. 2018.”Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Smp Mata Pelajaran Ipa Dalam Menerapkan Pendekatan Sainfisik” Widyaiswara LPMP Provinsi Sumatra Selatan Volume.4 No.2 Desember 2018
https://journal.unnes.ac.id./nju/index.php/teknobuga/article/viewfile/15368/8034
Yani Achdiani Dan Dwi Ayu Rusliyani .2017.”Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Menyiapkan Guru Sekolah Mengengah Kujuruan” Program Studi Pkk Fptk. Upi Teknobuga Volume.5 No.2 Desember 2017
http://journal.unnes.ac.id./nju/index.php/teknobuga/article/viewfile/15368/8034
Published
2022-06-17